ANALISIS KINERJA RAMP DISPATCHER PT.GAPURA ANGKASA TERHADAP KELANCARAN PENERBANGAN PADA ERA NEW NORMAL DI BANDAR UDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT

NEDYAKIRANA TIMUR, OSSAY (2021) ANALISIS KINERJA RAMP DISPATCHER PT.GAPURA ANGKASA TERHADAP KELANCARAN PENERBANGAN PADA ERA NEW NORMAL DI BANDAR UDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD).

[img] Text
INTISARI - OSSAY NEDYAKIRANA TIMUR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text
BAB I - OSSAY NEDYAKIRANA TIMUR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB II - OSSAY NEDYAKIRANA TIMUR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB III - OSSAY NEDYAKIRANA TIMUR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - OSSAY NEDYAKIRANA TIMUR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Ossay Nedyakirana Timur1 dan Eka Prayudhista, S.E., M.M.2 Perusahaan penerbangan mengalami penurunan pendapatan akibat sedikitnya jumlah penerbangan sejak adanya Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), sehingga berdampak pada pengurangan pegawai pada perusahaan penerbangan. Pengurangan pegawai pada perusahaan bertujuan untuk meminimalisir pengeluaran perusahaan pada era New Normal. Salah satu pegawai yang terdampak yaitu pengurangan pekerja Ramp Dispatcher PT.Gapura Angkasa Bandar Udara Yogyakarta International Airport dimana memiliki fungsi sebagai koordinator pesawat dari block-on hingga block-off ketika berada di Apron untuk mencapai On Top Performance (OTP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data penunjang kerja Ramp Dispatcher dan kinerja yang dijalankan oleh Ramp Dispatcher PT.Gapura Angkasa Bandar Udara Yogyakarta International Airport untuk melancarkan kegiatan penerbangan pada era New Normal, dimana era New Normal ini merupakan tatanan kehidupan baru dimasa pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID 19). Penelitian ini menggunakan metode kualiatif dimana hasil penelitian dipaparkan dengan kata-kata serta sumber data yang berasal dari data primer dan data sekunder, data tersebut didapat melalui observasi, wawancara dan dokumentasi oleh penulis. Waktu penelitian dilaksanakan pada 4 Februari 2021 sampai dengan 28 Februari 2021 di Bandar Udara Yogyakarta International Airport. Hasil dari penelitian ini bahwa kinerja Ramp Dispatcher PT.Gapura Angkasa Bandar Udara Yogyakarta International Airport pada era New Normal bekerja di dua Bandar Udara dan memiliki lebih dari satu pekerjaan, yaitu bekerja merangkap sebagai Load Master hingga sebagai FOO (Flight Operation Officer) dalam waktu yang sama akibat keterbatasan sumber daya manusia yang dipekerjakan oleh PT.Gapura Angkasa Bandar Udara Yogyakarta International Airport pada era New Normal ini. Kata Kunci : Coronavirus Disease 2019(COVID-19), Era New Normal dan Ramp Dispatcher.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Ramp Dispatcher
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorPrayudhista, EkaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 06 Jun 2022 02:19
Terakhir diubah: 06 Jun 2022 02:19
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2271

Actions (login required)

View Item View Item