KESIAPAN GROUND STAFF DALAM MENANGANI PENUMPANG DI TERMINAL DOMESTIK PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI BANDAR UDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT

Evi Nurcahyani, Pipin (2021) KESIAPAN GROUND STAFF DALAM MENANGANI PENUMPANG DI TERMINAL DOMESTIK PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI BANDAR UDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD).

[img] Text
INTISARI - Pipin evi Nurcahyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB I - Pipin evi Nurcahyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB II - Pipin evi Nurcahyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text
BAB III - Pipin evi Nurcahyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Pipin evi Nurcahyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Pipin Evi Nurcahyani1 dan Amelia Puspa Tamara2 Salah satu pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa transportasi udara yaitu penanganan dan pelayanan terhadap penumpang, bagasi, dan lain-lain terutama dalam lingkungan terminal di bandara keberangkatan maupun bandara tujuan. Hal tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan ground handling terhadap penumpang dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa bandara. Berdasarkan hasil observasi, pelayanan yang diberikan oleh petugas ground handling sesuai dengan SOP (Standard Operational Procedure) untuk menghindari penyimpangan-penyimpangan petugas dari tugasnya atau daei complain para penumpang. Fungsi dan ground staff dalam kesiapan pelayanan penumpang sangat berpengaruh bagi perusahaan. Pelaksanaan menangani penumpang meliputi Check-in Counter, Boarding Gate, Lost and Found. Penelitian ini dilakukan di Bandar Udara Yogyakarta Internasional Airport dan penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang didalamnya terdapat data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang di peroleh langsung dari lapangan oleh peneliti yaitu observasi dan wawancara sedangkan, data sekunder diperoleh dari hasil dokumen foto- foto yang berkaitan dengan penelitian tersebut. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesiapan ground staff dalam menangani penumpang pada era pandemic covid-19 sudah mulai berjalan dengan lancar walaupun ada beberapa penumpang yang tidak terlalu memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak antar penumpang. Ground staff dalam menangani penumpang pada era pandemic covi- 19 sudah sesuai dengan sop yang terlah ditetapkan oleh Bandar Udara Yogyakarta International Airport Kata Kunci: Ground Staff, Check-In Counter, Boarding Gate, Pandemi Covid-19.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aviation Profession > Ground Staff
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorPuspa Tamara, Amelia0509059402UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 08 Jun 2022 02:13
Terakhir diubah: 08 Jun 2022 02:13
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2274

Actions (login required)

View Item View Item