ANALISIS KEGIATAN PENANGANAN PENUMPANG DAN PEMANDUAN DALAM PENGISIAN E-HAC SAAT KEDATANGAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI BANDAR UDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT

Esekiel Pelawi, Priendi (2021) ANALISIS KEGIATAN PENANGANAN PENUMPANG DAN PEMANDUAN DALAM PENGISIAN E-HAC SAAT KEDATANGAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI BANDAR UDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD).

[img] Text
INTISARI - PRIENDI ESEKIEL PELAWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
BAB I - PRIENDI ESEKIEL PELAWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB II - PRIENDI ESEKIEL PELAWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB III - PRIENDI ESEKIEL PELAWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - PRIENDI ESEKIEL PELAWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Priendi Esekiel Pelawi dan Nuning Agustina Ambarsari, S.E., M.M. E-HAC yaitu singkatan dari Electronic – Health Alert Card yang merupakan kartu kewaspadan kesehatan versi modern yang sebelumnya digunakan dengan kartu manual yang berwarna kuning. Sistem E-HAC dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia, dalam hal ini, Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan, Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, untuk menjawab tantangan di era globalisasi saat ini. Dimana pada saat ini lalu lintas kedatangan penumpang dari Indonesia sulit dihindari, sehingga dibutuhkan sebuah sistim untuk monitoring secara cepat terhadap seluruh calon pengunjung yang akan datang ke Indonesia melalui pintu gerbang pelabuhan laut maupun bandara. Dengan adanya Pandemi Covid-19 pada saat ini maka wajib setiap penumpang memilik surat izin terbang seperti salah satunya rapid test anti gen ataupun Ge Nose. Untuk daerah wilayah kota tertentu yang bisa memakai Ge Nose. Penelitian ini dilakukan di Bandar Udara Yogyakarta International Airport. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil dokumen foto yang berkaitan dengan Kegiatan Penanganan Penumpang Dan Pemanduan Dalam Pengisian E-hac Saat Kedatangan Selama Pandemi COVID-19 Di Bandar Udara Yogyakarta International Airport. Pengambilan data pendukung pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang dilakukan dalam Kegiatan Penanganan Penumpang Dalam Pengisian E-hac Saat Kedatangan Selama Pandemi COVID-19 pada masa pandemi belum maksimal karena masih banyak penumpang tidak mengetahui dokumen apa saja yang dibawa ketika penumpang ingin berangkat dan datang di bandara di masa pandemi dan protokol kesehatan yang diterapkan di bandara serta kurangnya petugas di terminal bagian keberangkatan maupun kedatangan yang mengakibatkan terjadi antrian panjang serta kurangnya perhatian terhadap penumpang yang masih tidak perduli terhadap peraturan yang berlaku. Kata Kunci: Penangan Penumpang Dalam Mengisi E-HAC saat kedatangan. ¹Taruna Manajemen Transportasi “STTKD Yogyakarta” ²Pembimbing Tugas Akhir

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Flight and Airport Management > Data Analysis
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorAgustina Ambarsari, Nuning0515088102UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 08 Jun 2022 02:32
Terakhir diubah: 08 Jun 2022 02:32
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2276

Actions (login required)

View Item View Item