UPAYA PETUGAS RAMP HANDLING DALAM MENCAPAI GROUND TIME PESAWAT A320-200 MASKAPAI CITILINK BANDAR UDARA INTERNASIONAL H.AS HANANDJOEDDIN BELITUNG

Rahim, Rahim (2021) UPAYA PETUGAS RAMP HANDLING DALAM MENCAPAI GROUND TIME PESAWAT A320-200 MASKAPAI CITILINK BANDAR UDARA INTERNASIONAL H.AS HANANDJOEDDIN BELITUNG. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD).

[img] Text
INTISARI - RAHIM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
BAB I - RAHIM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB II - RAHIM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text
BAB III - RAHIM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - RAHIM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Rahim1 dan Nanik Rianandita Sari, S.S,MA2 Ramp handling merupakan aktifitas pelayanan operasional di apron area yang dimulai dari pesawat block on hingga block off dengan penanganan secara tepat, cepat dan aman guna melaksanakan prosedur keselamatan penerbangan, memberikan pelayanan maksimal dan dapat mencapai on time performance dari ground time yang ditentukan. Pada saat penulisan di Bandar Udara Internasional H.AS Hanandjoeddin Belitung, terdapat kerusakan pada salah satu fasilitas utama penunjang kegiatan loading/unloading yaitu Belt Conveyor Loader (BCL). Alat yang digunakan untuk naik turunnya bagasi kargo, alat tersebut tiba-tiba berhenti dan tidak bisa beroperasi dengan baik, sehingga para petugas harus segera melakukan proses loading/uloading secara manual, kegiatan loading unloading bagasi kargo jadi terhambat dan membutuhkan waktu yang cukup lama dan hal tersebut sangat mempengaruhi ground time. Tujuan dari penulisan ini yaitu mengetahui upaya petugas ramp handling dalam mencapai ground time Pesawat A320-200 Maskapai Citilink Bandar Udara Bandar Udara Internasional H.AS Hanandjoeddin Belitung. Penulisan ini dilakukan di Bandar Udara Internasional H.AS Hanandjoeddin Belitung. PT Gapura Angkasa khususnya di Unit Operation. Sumber data yang digunakan dalam penulisan ini adalah data primer yakni wawancara langsung terhadap operation leader serta melakukan observasi dan data sekunder yakni data dokumentasi yang berupa SOP ramp handling, dan analisis data yang digunakan pada penulisan ini yaitu menggunakan penulisan kualitatif sehingga pembahasan dilakukan dalam bentuk deskriptif tanpa menggunakan rumus statistik. Hasil penulisan ini dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan oleh petugas ramp handling dalam mencapai ground time Pesawat Pesawat A320-200 Maskapai Citilink yaitu dengan melakukan penanganan yang tepat mulai dari Persiapan (Preparation), Pelaksanaan, Penyelesaian (Clearing) serta selalu menyesuaikan dinamika waktu handling dengan RAC ( Ramp Activity Check List), mempercepat pekerjaan dan segera mengambil tindakan mencari alternative lain untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Kata kunci : Ramp Handling, Ground Time, Pesawat A320-200, Citilink

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Ground Time
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorIgnas, FebriansyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 09 Jun 2022 01:49
Terakhir diubah: 09 Jun 2022 01:49
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2282

Actions (login required)

View Item View Item