ANALISIS KINERJA RAMP HANDLING PT GAPURA ANGKASA TERHADAP KELANCARAN PENERBANGAN BERDASARKAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PADA MASKAPAI GARUDA INDONESIA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SUPADIO PONTIANAK

Rahman, Rizaldi (2021) ANALISIS KINERJA RAMP HANDLING PT GAPURA ANGKASA TERHADAP KELANCARAN PENERBANGAN BERDASARKAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PADA MASKAPAI GARUDA INDONESIA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SUPADIO PONTIANAK. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD).

[img] Text
INTISARI - RIZALDI RAHMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text
BAB I - RIZALDI RAHMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
BAB II - RIZALDI RAHMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
BAB III - RIZALDI RAHMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - RIZALDI RAHMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Rizaldi Rahman1 dan Andi Syaputra,S.E.,M.M,2 Ramp Handling merupakan satuan unit yang bertugas sebagai koordinator dalam pelaksanaan Handling pesawat (ramp dispatcher) di apron mulai dari pesawat block-on sampai pesawat melakukan block-off. Unit Ramp Handling mempunyai peranan sangat penting dalam memberikan pelayanan kepada setiap perusahaan yang bergerak di bidang kebandarudaraan serta kepada seluruh pengguna jasa transportasi udara. Dalam memberikan pelayanan tersebut petugas Ramp Handling harus menjalankan tugasnya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku, sehingga akan memberikan keamanan dan juga kenyamanan bagi seluruh pengguna jasa kebandarudaraan serta kelancaran dalam setiap penerbangan. Secara garis besar tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui apakah petugas Ramp Handling sudah melaksanakan tugas sesuai dengan Standar Operasioal Prosedur yang berlaku, dan kendala yang dialami petugas, serta tindakan apa yang diambil pemimpin apabila terdapat petugas yang melakukan pelanggaran terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan data primer. Data sekunder diperoleh dari perusahaan yang berupa data Standar Operasional Prosedur (SOP). Sedangkan data primer diperoleh dari wawancara peneliti kepada Supervisor dan Group Leader Ramp Handling serta pengamatan yang dilakukan peneliti terhadap petugas Ramp Handling di lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak, sebagian kecil petugas masih tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang berlaku. Kendala yang dialami petugas yaitu masih terdapat miskomunikasi, kemudian tindakan yang di ambil oleh pemimpin terhadap petugas yang melakukan pelanggaran adalah memberikan peringatan secara lisan dan apabila masih melakukan pelanggaran, maka pemimpin akan memberikan peringatan dalam bentuk tertulis (SP 1). Kata Kunci : Analisis Kinerja Ramp Handling, Ramp Handling, Standar Operasional Prosedur (SOP)

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Ramp Handling
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorSyaputra, AndiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 13 Jun 2022 03:08
Terakhir diubah: 13 Jun 2022 03:08
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2297

Actions (login required)

View Item View Item