PERAN UNIT LOST AND FOUND DALAM MENANGANI KEHILANGAN BAGASI PENUMPANG MASKAPAI CITILINK INDONESIA DI PT. GAPURA ANGKASA BANDAR UDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA

PURNAMASARI, RIZKIKA (2021) PERAN UNIT LOST AND FOUND DALAM MENANGANI KEHILANGAN BAGASI PENUMPANG MASKAPAI CITILINK INDONESIA DI PT. GAPURA ANGKASA BANDAR UDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD).

[img] Text
INTISARI - Rizkika Purnamasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
BAB I - Rizkika Purnamasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB II - Rizkika Purnamasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB III - Rizkika Purnamasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Rizkika Purnamasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Rizkika Purnamasari1 dan Eny Sri Haryati S.E, M.M2 Bagasi adalah barang bawaan penumpang yang berisi barang-barang kebutuhan penumpang yang akan digunakan selama dalam perjalanan. Dalam menangani bagasi terdapat peran unit Lost And Found yaitu pelayanan yang diberikan kepada penumpang yang mengalami permasalahan dengan bagasi. Sehingga penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penanganan bagasi ketika tiba dikedatangan dan permasalahan apa saja yang terjadi dalam menangani kehilangan bagasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yaitu pendekatan penelitian dimana data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar-gambar dan bukan angka. Data tersebut dapat diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, foto, video, dokumentasi pribadi, catatan, atau memo dan dokumentasi lainnya dengan mengumpulkan sumber dari buku atau referensi lain seperti WI (Work Internasional), dan serta jurnal lainnya. Berdasarkan hasil dari data yang diambil Penanganan bagasi penumpang dari kedatangan (arrival) maskapai Citilink Indonesia di PT. Gapura Angkasa Bandar Udara internasional Yogyakarta. Proses dalam menangani bagasi ix penumpang dapat terjadi penyimpangan bagasi pada saat Post Flight Service maupun Pre Flight Service. Post Flight Service yaitu penumpang saat tiba distasiun tujuan mereka tidak menerima bagasi bisa juga terjadi kesalahan pada saat Pre Flight Service yaitu bisa jadi ada kesalahan pada pelebelan bagasi atau baggage tagging yang kurang tepat pada saat di counter check-in bagian depan. Permasalahan yang terjadi di bagian Unit Lost and Found maskapai Citilink Indonesia di PT. Gapura Angkasa Bandar Udara Internasional Yogyakarta terhadap bagasi atau barang bawaan penumpang pada saat kedatangan (arrival). Disinilah peran penting petugas Unit Lost and Found harus menguasai semua situasi dan kondisi mishandled baggage tersebut agar image atau citra airline tetap terjaga dengan baik. Petugas Unit Lost and Found maskapai Citilink Indonesia pada PT. Gapura Angkasa telah melakukan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku dan sesuai dengan GOM (Ground Opration Manual) milik PT. Gapura Angkasa ataupun WI (Work Instruction). Kata kunci : Peran unit lost and found, Penanganan bagasi, Kehilangan bagasi

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Lost and Found
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorSri Haryati, EnyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 13 Jun 2022 03:13
Terakhir diubah: 13 Jun 2022 03:13
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/2298

Actions (login required)

View Item View Item