Maulana Iskandar, Ikbal (2017) EMERGENCY FUEL CONTROL SYSTEM PADA PESAWAT PILATUS PORTER PC-6. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEHKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
![]() |
Text (INTISARI)
INTISARI.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
Abstract | Intisari
Setiap pesawat terbang sangat membutuhkan sistem dan sumber tenaga untuk dapat beroperasinya suatu penerbangan, dari beberapa sistem yang ada pada pesawat terbang, ada salah satu sistem yang sangat penting untuk beroperasinya pesawat terbang itu, yaitu fuel system/sistem bahan bakar pada suatu pesawat terbang. Pengontrolan fuel pada engine yang terdapat pada pesawat juga sangat diperlukan untuk mengontrol aliran fuel yang akan masuk ke engine, sehingga diperlukan suatu komponen yang terdapat pada emergency fuel control system untuk mengontrol aliran fuel pada tangki pesawat yang akan megalir ke engine. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana penulis menjelaskan tentang fuel system secara umum. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif yang hanya menggambarkan dalam penulisannya tidak menggunakan angka maupun perhitungan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliput observasi terhadap Emergency Fuel Control System, wawancara dan studi pustaka dengan mengumpulkan sumber-sumber data dari buku atau referensi lain seperti training manual, aircraft maintenance manual, serta Federal Aviation Administration handbook. Emergency fuel control system adalah suatu sistem di pesawat terbang yang digunakan untuk mengontrol aliran bahan bakar jika dalam keadaan darurat yaitu kebakaran pada engine. Dengan menutup aliran fuel melalui actuator yang di kendalikan di panel switch pada cockpit dengan menggunakan electrical actuator sebesar 28 volt dc maka fuel akan terisolasi oleh emergency fuel control system. Pengujian setelah proses remove/install harus dilakukan untuk memastikan system berjalan dengan baik, caranya dengan mengatur switch battery ke posisi on, kemudian menekan switch emerg fuel control ke posisi on, dan menahan switch dari increase/decrease ke posisi increase, menggeser switch increase/decrease ke posisi decrease dan memastikan bahwa actuator memanjang kemudian melepaskan switch, menyetel emergency fuel control switch ke off, mematikan switch battery ke posisi off, pengujian selesai. Kata Kunci: Fuel system, Emergency Fuel Control System, Pilatus Porter PC-6 1Taruna Program Studi Aeronautika, STTKD Yogyakarta 2Dosen Program Studi Aeronautika, STTKD Yogyakarta
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Aircraft Components > Engine/ Powerplan (Mesin Pesawat) Aircraft System > Fuel System |
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Aeronautika | ||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||
Tanggal Diposting: | 19 May 2021 01:40 | ||||||||
Terakhir diubah: | 12 Jan 2022 03:38 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/424 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |