Aprilia, Devi Sartika (2019) PENANGANAN DAN KENDALA PETUGAS LOAD CONTROL DALAM MEMBUAT WEIGHT AND BALANCE PESAWAT CITILINK AIRBUS A320 PADA PT. GAPURA ANGKASA BANDAR UDARA INTERNASIONAL HUSEIN SASTRANEGARA BANDUNG. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
|
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
|
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
Abstract | Intisari
Load control adalah unit yang menerima data - data pesawat dan muatan dari beberapa bagian yang terkait yang kemudian harus dihitung untuk mendapatkan keseimbangan pesawat (weight and balance) yang optimum sesuai waktu yang ditentukan untuk memperoleh on time performance (OTP) dengan mengacu pada aspek safety. Kendala – kendala yang dihadapi dalam membuat Weight and Balance, misalnya kurangnya komunikasi antara patugas load control dengan petugas check-in, ketepatan waktu petugas load control dalam membuat Weight and Balance, fasilitas dan alat pendukung yang kurang memadai, ketelitian dan ketepatan waktu yang belum optimal (Oktarius, 2016). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penanganan petugas load control dalam membuat weight and balance, kendala yang dihadapi dan upaya petugas load control untuk mengatasi kendala tersebut pada PT. Gapura Angkasa Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh secara langsung dari sumber asli yaitu wawancara dan observasi, dan menggunakan data sekunder berupa Work Instruction, profil Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung, dan profil PT. Gapura Angkasa. Setelah data terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan dalam penanganan Weight and Balance petugas harus melakukan tahapan sesuai dengan prosedur Work Instruction (WI) yang telah di tentukan dan apabila petugas check-in tidak menginfokan jika ada perubahan seat passenger, maka diperlukan penanganan khusus untuk mengatasi hal tersebut. Kendala yang dihadapi yaitu kurangnya komunikasi dan kesalah fahaman terhadap intruksi loading master. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah supaya zona tetap dalam posisi yang aman maka petugas load sheet tersebut meminta ke gate atau langsung ke pesawat untuk dipindahkan penumpang secara manual sesuai zona yang masuk dalam trim sheet tersebut.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Aviation Profession > Load Control Officer | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Manajemen Transportasi | ||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||
Tanggal Diposting: | 22 Jul 2020 06:36 | ||||||||
Terakhir diubah: | 22 Jul 2020 06:36 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/441 |
Actions (login required)
View Item |