PENANGANAN KENDALA TERMINAL DAN SISI DARAT DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL LOMBOK OLEH PERSONIL TERMINAL SERVICE OFFICER

Hamzanwadi, Hamzanwadi (2019) PENANGANAN KENDALA TERMINAL DAN SISI DARAT DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL LOMBOK OLEH PERSONIL TERMINAL SERVICE OFFICER. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
Official URL: http://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Tugas akhir ini bertujuan untuk menjelaskan apa saja kendala dan bagaimana solusi petugas TSO dalam menyelsaikan masalah. Adapun kendala yang dihadapi oleh petugas diantaranya, kurangnya alat penunjang operasional, Sering sekali ditemukan unit cleaning service tidak melaporkan kerusakan di toilet, tidak menjaga kebersihan area toilet dan tidak melaporkan kejadian khusus yang terjadi di area toilet. Unit aviation security yang tidak tegas dalam memberikan tindakan kepada masyarakat yang berjualan di area parkir kendaraan. Kurangnya pengamanan kepada pengantar atau penjemput penumpang di area dropzone ataupun di area selasar kedatangan yang mengakibatkan kebersihan tidak terjaga dan terganggunya kegiatan petugas trolleyman untuk mempersiapkan ketersediaan trolley di area dropzone dan kedatangan. Penelitian ini menggunakan penilitian kualitatif dengan cara memper oleh informasi menggunakan wawancara dan observasi dan menggunakan dua data yaitu ; Data primer adalah sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber asli (tidak melalui media perantara). Data sekunder adalah sumber data yang diperoleh secara tidak langsung (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain). Menggunakan data internal dari berbagai dokumen informasi di PT. Angkasa Pura I Lombok International Airport Hasil penelitian mengenai Terminal Service Officer ini adalah kurangnya kesadaran akan kebersihan dan keamanan oleh pengguna jasa Bandara, kurangnya alat penunjang operasional, kurangnya petugas cleaning service dalam menjaga kebersihan fasilitas dan lambatnya penanganan dari pihak terkait untuk fasilitas kerusakan yang ada. Sedangkan solusi Personil Terminal Service Officer dalam menyelsaikan kendala fasilitas sesuai dengan Standar operasional prosedur yang berlaku adapun solusi yang tidak tercantum di Standar Operasional Prosedur ialah inisiatif dari personil Terminal Service Officer semata-mata dilakukan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jasa Bandara.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport > Terminal
Airport > Land Side (Sisi Darat)
Aviation Profession > Terminal Service Officer
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDPrayudhista, Eka051009701UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 23 Jul 2020 02:30
Terakhir diubah: 23 Jul 2020 02:30
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item View Item