EVALUASI TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PETUGAS PASASI TERHADAP PENANGANAN DELAY PADA MASKAPAI GARUDA INDONESIA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR

Jamaluddin, Hardiyanti (2019) EVALUASI TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PETUGAS PASASI TERHADAP PENANGANAN DELAY PADA MASKAPAI GARUDA INDONESIA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB I)
bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
Official URL: http://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Berkembangnya industri di bidang angkutan udara dewasa ini berdampak pada semakin banyaknya maskapai penerbangan komersial (airlines) di Indonesia. Pengguna jasa angkutan udara (pesawat) dari tahun ke tahun semakin meningkat. Namun, hal tersebut belum diimbangi dengan adanya perlindungan terhadap pengguna jasa angkutan udara, salah satu contohnya adalah maraknya kasus delay dan kecelakaan pesawat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan delay pada Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dan juga mengetahui bagaimana penanganan yang dilakukan oleh petugas pasasi terhadap delay yang dialami penumpang Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian yang digunakan peneliti adalah menggunkan data primer dan data sekunder. Data primer adalah data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber asli (tidak melalui media perantara) yaitu hasil wawancara petugas pasasi Maskapai Garuda Indonesia serta observasi sedangkan data sekunder adalah data penelitian yang diperoleh peneliti dari dokumen standar operasional prosedur (SOP). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rentang waktu dari bulan Februari hingga Maret terdapat 14 kali delay dengan variasi waktu delay yang berbeda. Adapun Faktor yang menyebabkan sering terjadinya keterlambatan pada maskapai Garuda Indonesia di Bandar udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar karena adanya miss connecting atau penumpang transit/transfer, faktor cuaca, masalah teknis pesawat, penumpang yang telat check-in dan telat naik ke boarding lounge, dan masalah operasional. Penanganan delay pada maskapai Garuda Indonesia kompensasi yang diberikan oleh maskapai berdasarkan time delay. Delay dari kurang 30 menit service delay nya berupa air mineral; Delay lewat dari 1 jam berupa snack roti dan air mineral; Delay lewat dari 2 jam berupa breakfast atau makanan hot meal; Delay lewat dari 3 jam berupa uang dalam jumlah Rp. 300.000; Delay lewat dari 5 jam harus dialihkan penerbangan lain atau pindah pesawat lain.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Pasasi
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDUmar, Sudirman Hi.0505079201UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 23 Jul 2020 02:33
Terakhir diubah: 23 Jul 2020 02:33
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/486

Actions (login required)

View Item View Item