ANALISIS KINERJA PETUGAS PASASI PT GAPURA ANGKASA DALAM MENGANTISIPASI CROSS BOARDING KETIKA TERJADI CLASH HANDLING DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL HUSEIN SASTRANEGARA BANDUNG

Apriali, Muhamad Zulfikri (2019) ANALISIS KINERJA PETUGAS PASASI PT GAPURA ANGKASA DALAM MENGANTISIPASI CROSS BOARDING KETIKA TERJADI CLASH HANDLING DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL HUSEIN SASTRANEGARA BANDUNG. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
Official URL: http://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana kinerja petugas pasasi dan petugas Ramp handling dalam mengantisipasi cross boarding saat terjadi clash handling di PT Gapura Angkasa Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung. Mengetahui kendala apa saja yang dihadapi petugas dan bagaimana upaya dalam mengantisipasi cross boarding saat terjadi clash handling. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang di dalamnya terdapat data primer dan data sekunder, penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data yaitu analisis isi dengan pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan seluruh gambaran obyek yang diteliti dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa petugas boarding gate dan greeting service sudah bekerja keras dalam mengantisipasi cross boarding ketika terjadi clash handling agar penumpang terbang sesuai dengan tujuan masing-masing. Petugas sudah baik dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan prosedur work instruction (WI) bahkan dari mulai penumpang di boarding lounge petugas sudah memberikan arahan yaitu dengan memberitahukan letak parkir pesawat dan mengecek identitas penumpang sesuai dengan boarding pass. Selanjutnya penumpang diantar dan diarahkan oleh petugas greeting agar penumpang tidak cross boarding dengan penumpang lain untuk menjaga keselamatan, keamanan, kenyamanan dan kelancaran penerbangan penumpang. Petugas boarding dan greeting services harus selalu berkoordinasi dengan ramp handling karena jarak boarding gate dan parking stand cukup jauh. Petugas unit kerja Pasasi PT Gapura Angkasa cabang Bandung sebelum melaksanakan tugasnya serta untuk mencegah terjadinya kendala yang terjadi di lapangan pada saat mengantisipasi cross boarding saat terjadi clash handling. Hal tersebut pun harus selalu diperhatikan oleh seluruh petugas yang mempunyai tanggung jawab dalam memberikan pelayanan kepada penumpang.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Pasasi
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDDyahjatmayanti, Dhiani0507038601UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 27 Jul 2020 03:49
Terakhir diubah: 27 Jul 2020 03:49
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item