Arista, Novi (2019) ANALISIS KELALAIAN KERJA PETUGAS GROUND HANDLING PT. RADHITYA AVIO JASA TERHADAP POTENSI KECELAKAAN DI AREA APRON BANDAR UDARA INTERNATIONAL BANYUWANGI. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
|
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
|
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) |
|
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
Abstract | Intisari
Potensi bahaya adalah sesuatu yang berpotensi terjadinya incident yang berakibat fatal. Pada tahapa ini bentuk dari potensi bahaya adalah dengan adanya faktor kelalaian dari petugas yang disengaja maupun tidak disengaja. Dampak dari potensi bahaya yaitu terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan terhambatnya kegiatan dan aktivitas lainnya yang berada di apron. Dalam hal ini maka penulis mencoba melakukan penelitian yang berkaitan dengan kerja petugas ground handling di area apron agar dapat mengetahui potensi bahaya apa saja yang dapat terjadi serta upaya apa saja yang dilakukan dalam penanganannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa, wawancara, dan pengumpulan dokumen. Penelitian ini berlangsung selama 2 (dua) bulan yaitu pada bulan Februari 2019 sampai dengan akhir bulan Maret dan dilakukan di Bandar Udara International Banyuwangi. Dokumen yang digunakan berupa GOM (Ground Operation Manual) dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa potensi bahaya kecelakaan yang berada di area apron masih terbilang cukup tinggi. Hal ini berdasarkan dengan banyaknya penemuan pelanggaran yang dilakukan oleh petugas ground handling saat melakukan kegiatan di area apron. Penyebab utama pelanggaran tersebut di sebabkan karena faktor dari kelalaian petugas yang tidak mentaati peraturan yang berlaku terhadap peraturan yang telah di tetapkan oleh unit ground handling itu sendiri. Untuk mengurangi tingkat kecelakaan maka diperlukan koordinasi antara yang bersangkutan.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Aviation Profession > Ground Staff | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Manajemen Transportasi | ||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||
Tanggal Diposting: | 27 Jul 2020 06:45 | ||||||||
Terakhir diubah: | 27 Jul 2020 06:45 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/574 |
Actions (login required)
View Item |