Nurhaedah, Nurhaedah (2019) PENERAPAN PROSEDUR CHECK-IN COUNTER GARUDA INDONESIA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL LOMBOK. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
![]() |
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
![]() |
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) |
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
Abstract | Intisari
Transportasi adalah kegiatan pemindahan barang (muatan) dan penumpang dari suatu tempat ke tempat lain (Salim; 2000). Adanya peningkatan kebutuhan terhadap sarana transportasi tidak terlepas dari keinginan manusia untuk mendapat sarana transportasi umum yang baik dengan kriteria bahwa sarana tersebut aman, cepat dan tentunya nyaman. Tranportasi merupakan alat angkutan mutakhir dan tercepat, transportasi ini menggunakan pesawat udara sebagai alat angkutan, sedangkan udara atau angkasa sebagai jalur atau jalannya. Check-in Counter merupakan kegiatan pelaporan diri perihal keberangkatan melakukan suatu perjalanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan prosedur Check-in Counter Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Lombok dan untuk mengetahui kendala dan solusi penerapan Prosedur Check-in Counter di Bandar Udara Internasional Lombok. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara pengumpulan data primer berupa wawancara dan pengumpulan data sekunder berupa dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini sebanyak empat orang yang terdiri dari tiga penumpang dan satu petugas Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Lombok. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan prosedur maskapai Garuda Indonesia, yaitu petugas melalukan prepare, memeriksa tiket penumpang, memeriksa identitas penumpang, melayani penumpang yang hamil, melayani penumpang yang sakit, menangani bayi (infant), melakukan penimbangan bagasi, menangani kelebihan bagasi penumpang dan pelabelan bagasi, sweeping bagasi cabin, para petugas sudah melakukannya sesuai dengan SOP (Standar Operasional Procedure). Ada beberapa kendala yang di tangani oleh petugas check-in seperti Sistem check-in down, menyebabkan penumpang terlambat melakukan check-in sehingga mengakibatkan antrian panjang untuk para penumpang melakukan check-in dan menyebabkan delay, solusinya petugas harus melakukan check-in secara manual. Terjadi kesalahan pada petugas check-in seperti kesalahan tujuan bagasi, pada saat pelabelan bagasi di check-in counter petugas tidak terlalu memperhatikan bagasi penumpang yang satu dengan yang lain sehingga menyebabkan terjadinya kasalahan tujuaan bagasi penumpang salah. Solusinya kesalahan ini diketahui pada saat pesawat tiba ditempat tujuan petugas ditempat tujuan langsung menginformasikan kepada petugas bandara asal agar pada penerbangan selanjutnya ke tujuan yang benar dan menyerahkan bagasi tersebut ke penumpang.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Airport > Counter Check-in Airport Service > Check-in |
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Manajemen Transportasi | ||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||
Tanggal Diposting: | 27 Jul 2020 06:48 | ||||||||
Terakhir diubah: | 27 Jul 2020 06:48 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/575 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |