PENANGANAN DAN KENDALA UNIT BAGGAGE HANDLING PADA SAAT PROSES LOADING UNLOADING UNTUK MENCAPAI ON TIME PERFORMANCE (OTP) DAN SAFETY PADA PT GAPURA ANGKASA DI BANDAR UDARA HALIM PERDANA KUSUMA JAKARTA

Aprilina, Restu Ageng (2019) PENANGANAN DAN KENDALA UNIT BAGGAGE HANDLING PADA SAAT PROSES LOADING UNLOADING UNTUK MENCAPAI ON TIME PERFORMANCE (OTP) DAN SAFETY PADA PT GAPURA ANGKASA DI BANDAR UDARA HALIM PERDANA KUSUMA JAKARTA. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
Official URL: http://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Penanganan bagasi di bandara mempunyai peranan yang sangat penting, untuk menjaga para penumpang agar tetap nyaman dalam menikmati perjalanannya. Kualitas sebuah bandara salah satunya dapat dinilai dari bagaimana cara bandara tersebut menangani bagasi penumpang. Pada proses pelayanan bagasi sering terjadi penyimpangan salah satu yang sering terjadi adalah pada saat penumpang tiba di stasiun tujuan terakhir atau pada saat post flight service yaitu seperti bagasi rusak, hilang, dsb. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanganan unit baggage handling pada saat proses loading unloading dan mengetahui kendala di unit baggage handling dalam mencapai on time performance dan safety pada PT Gapura Angkasa di Bandar Udara Halim Perdana Kusuma Jakarta. Penelitian ini akan dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh dengan melakukan wawancara langsung dengan petugas baggage service dan load master. Data sekunder merupakan data penelitian diperoleh secara tidak langsung berupa standard operating procedure (SOP) mengenai loading unloading dan baggage handling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petugas baggage handling dan load master sudah bekerja sesuai dengan standard operating procedure (SOP) dalam menangani proses loading unloading, untuk kendala yang terjadi di lapangan seperti minimnya baggage cart(BCT) dan minimnya porter dapat ditangani dengan adanya koordinasi yang baik antar petugas di setiap unit baik di terminal maupun di apron agar mencapai on time performance (OTP) dan berjalan dengan lancar. Adapun saran dari penulis yaitu harus mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya agar meminimalisir permasalahan bagasi pada penumpang, menambahkan alat ground support eqiupment (GSE) dan menambahkan lebih banyak porter untuk menangani proses loading unloading bagasi.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Baggage Handling (Penanganan Bagasi)
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDAstutik, Septiyani Putri0517098702UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 28 Jul 2020 01:25
Terakhir diubah: 18 Jan 2022 06:46
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/598

Actions (login required)

View Item View Item