KOMUNIKASI PETUGAS AVIATION SECURITY DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PEMERIKSAAN BARANG BAWAAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA ADISUMARMO SOLO

Putra, Tri Bayu Buana (2019) KOMUNIKASI PETUGAS AVIATION SECURITY DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PEMERIKSAAN BARANG BAWAAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA ADISUMARMO SOLO. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
Official URL: http://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Aviation Security merupakan garis depan pertahanan dari sebuah bandar udara untuk menjaga keamamanan dan keselamatan penerbangan. Sesuai Standart Operational Prosedure (SOP) tentang pemeriksaan keamanan di Security Check Point 2, setiap petugas Aviation Security diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan baik, menggunakan prinsip 3S+1C (Safety, Security, Service, and Complaince) dengan cara 3S (Senyum,Sapa, Salam). Dalam menjalankan tugasnya petugas Aviation Security sering menghadapi penumpang yang melanggar aturan keselamatan penerbangan seperti membawa barang-barang berbahaya yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi petugas Aviation Security, kendala yang dihadapi dalam memberikan pelayanan dan pemeriksaan barang bawaan kepada penumpang di Bandar Udara Adisumarmo Solo, serta solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi petugas Aviation Security dalam memberikan pelayanan dan pemeriksaan barang bawaan punumpang sudah sesuai dengan Standart Operational Prosedure di Security Check Point 2. Kendala yang sering dihadapi petugas Aviation Security dalam memberikan pelayanan pemeriksaan barang bawaan penumpang adalah penumpang tidak mengetahui tentang barang berbahaya bagi keselamatan penerbangan, penumpang tidak memahami atau mengerti tentang aturan penerbangan dan penumpang yang tidak mau diperiksa oleh petugas Aviation Security saat kedapatan membawa barang berbahaya. Upaya yang dilakukan petugas Aviation Security memberikan pemahaman kepada penumpang bahwa barang yang dibawanya termasuk dalam kategori barang yang dilarang sehingga tidak boleh dibawa kedalam kabin pesawat dan memberikan penjelasan mengenai aturan aturan penerbangan.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aviation Profession > Aviation Security (AVSEC)
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDSutarwati, Sri0528076301UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 28 Jul 2020 04:09
Terakhir diubah: 28 Jul 2020 04:09
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item