PERAN PETUGAS TERMINAL INSPECTOR SERVICE DALAM MENGHADAPI DELAY JT 321 TUJUAN JAKARTA (CGK) MENGGUNAKAN GATE MANAGEMENT SYSTEM DI BANDAR UDARA SYAMSUDIN NOOR, BANJARMASIN

Gohao, Yeheskiel Gorbes (2019) PERAN PETUGAS TERMINAL INSPECTOR SERVICE DALAM MENGHADAPI DELAY JT 321 TUJUAN JAKARTA (CGK) MENGGUNAKAN GATE MANAGEMENT SYSTEM DI BANDAR UDARA SYAMSUDIN NOOR, BANJARMASIN. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
Official URL: http://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Maskapai Lion Air merupakan maskapai dengan penerapan Low Cost Carrier (LCC) dan juga dengan armada terbanyak di Indonesia. Dalam persaingannya sebagai maskapai penerbangan di Indonesia tentu harus memperhatikan faktor-faktor yang dapat menyebabkan delay. Pada tanggal 30 maret 2019 maskapai Lion Air dengan flight number JT 321 tujuan Jakarta (CGK) mengalami delay berkepanjangan di bandar udara Syamsudin Noor, Banjarmasin akibat technical reason yang mengakibatkan terjadi penumpukan penumpang di gate 1. Oleh sebab itu, unit terminal inspector service memiliki peran penting dalam hal pengaturan jumlah penumpang agar tidak terjadi penumpukan penumpang di ruang tunggu. Salah satu terobosan dari terminal inspector service adalah dengan menggunakan Gate Management System (GMS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tugas dan tanggungjawab terminal inspector service dan mengetahui peran terminal inspector service dalam menghadapi delay menggunakan GMS (Gate Management System). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, wawancara tak terstruktur, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Adapun teknik keabsahan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui derajat kepercayaan data, antara lain: perpanjangan keikutsertaan peneliti di lapangan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan tersediannya referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran terminal inspector service sangat penting dalam penanganan area sisi darat (landside). Dalam penanganan delay sendiri, terminal inspector service mempunyai Prosedur Mutu (PM) dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dan yang terpenting adalah penggunaan gate management ini sudah mengurangi penumpukan penumpang di area ruang tunggu keberangkatan di bandar udara Syamsudin Noor, Banjarmasin.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aviation Profession > Terminal Inspection Service
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDWidagdo, Djoko0521037501UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 28 Jul 2020 07:01
Terakhir diubah: 28 Jul 2020 07:01
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item View Item