Binawati, Biji Bintang (2018) ANALISA KELALAIAN KINERJA PETUGAS GROUND HANDLING TERHADAP POTENSI BAHAYA KECELAKAAN DI APRON BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADI SOEMARMO SURAKARTA. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
![]() |
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
![]() |
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
Abstract | Intisari
Biji Bintang Binawati1 dan Irwina Meilani, S.Sos., M.A2 Potensi bahaya adalah sesuatu yang berpotensi terjadinya incident yang berakibat fatal. Pada tahapan ini bentuk dari potensi bahaya adalah dengan adanya factor kelalaian dari petugas yang disengaja maupun tidak disengaja (human eror). Dampak dari potensi bahaya yaitu terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan dan terhambatnya kegiatan atau aktivitas lainnya yang berada di apron. Dalam hal ini maka penulis mencoba melakukan penelitian yang berkaitan dengan kinerja petugas ground handling di area apron agar dapat mengetahui potensi bahaya apa saja yang dapat terjadi serta upaya apa saja yang dilakukan dalam penanganannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen. Penelitian ini berlangsung selama 2 (dua) bulan yaitu dari Bulan April sampai dengan Bulan Mei 2018 dan dilakukan di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta. Dokumen yang digunakan berupa AMC Manual, Arside Safety Manual, Pedoman Pengoperasian Kendaraan dan studi pustaka Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa potensi bahaya kecelakaan yang ada di apron masih bisa dikatakan cukup tinggi. Hal ini berdasarkan dengan banyaknya penemuan pelanggaran yang terjadi di apron. Penyebab utama pelanggaran tersebut karena kelalaian petugas ground handling itu sendiri. Untuk mengurangi angka kecelakaan di apron, maka perlu adanya koordinasi dari petugas Apron Movement Control (AMC) dengan petugas ground handling.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Airport Service > Ground Handling | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Manajemen Transportasi | ||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||
Tanggal Diposting: | 29 Jul 2020 04:15 | ||||||||
Terakhir diubah: | 14 Jul 2022 01:30 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/681 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |