ENGINE FIRE PROTECTION PADA PESAWAT AIRBUS 320

PRATAMA, ARIEF RIANTO RIZKI (2019) ENGINE FIRE PROTECTION PADA PESAWAT AIRBUS 320. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
Official URL: http://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Faktor keamanan dan kenyamanan merupakan suatu syarat mutlak yang harus dimiliki oleh pesawat terbang, untuk memenuhi persyaratan tersebut, pesawat terbang membutuhkan suatu sistem proteksi yang handal dan dapat mendeteksi gejala awal dan melakukan penanggulangan jika telah terjadi suatu masalah. Sistem proteksi tersebut yaitu Engine Fire Protection. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui komponen, cara kerja, trouble dan troubleshooting Engine Fire Protection pesawat AIRBUS 320. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana penulis menjelaskan tentang engine fire protection secara umum. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif yang hanya menggambarkan dalam penulisannya tidak menggunakan angka maupun perhitungan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi terhadap engine fire protection pada FDU, wawancara dan studi pustaka dengan mengumpulkan sumber data dari buku atau referensi lain seperti website maupun training manual, maintenance manual, troubleshooting manual serta FAA handbook. Hasil penelitian ini menunjukkan komponen engine fire protection terdiri atas fire detection unit (FDU), extinguishing, ENG 1 Fire pushbutton, test pushbutton, pedestal, ECAM, MCDU, master warning, CRC (continous repititive chime). Cara kerja engine fire protection, dimana FDU menerima sinyal dari loop dan mengirimkan status message bila terjadi api pada MCDU, flight crew menekan tombol ENG fire pushbutton untuk memadamkan api dengan extinguishing. Trouble pada FDU mengakibatkan engine fire protection tidak dapat berkerja dengan baik dikarenakan tidak adanya penerima sinyal dari sensing element loops, hal ini dibuktikan dengan FDU tidak merespon pada MCDU. Penggantian FDU harus segera dilakukan agar FDU dapat berfungsi kembali sebagai mana mestinya. Penggantian, pemasangan FDU melewati prosedur AMM chapter 26.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aircraft Components > Engine Fire Protection
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDArdianto, Haris1105201515UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Aeronautika
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 30 Jul 2020 02:16
Terakhir diubah: 30 Jul 2020 02:16
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item View Item