ENTIFIKASI PERMASALAHAN APU BLEED TRIP PADA PESAWAT BOEING 737-800NG

WIBOWO, SOFYAN ANGGA (2018) ENTIFIKASI PERMASALAHAN APU BLEED TRIP PADA PESAWAT BOEING 737-800NG. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
Official URL: http://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi dari APU (Auxiliary Power Unit). APU menghasilkan pneumatic yang digunakan untuk start engine dan air conditioning pada pesawat, selain itu APU juga menghasilkan electrical untuk menyuplai kebutuhan electrical. Oleh karena itu APU harus selalu dalam keadaan baik. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif. Penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai status gejala yang ada dengan sistematis dan apa adanya tentang suatu variabel, gejala, atau prosedur pada saat penelitian dilakukan, dan tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis. Data penelitian pada Tugas Akhir ini diperoleh dengan observasi terhadap identifikasi permasalahan bleed load terhadap menurunnya putaran APU. Penelitian Tugas Akhir ini didapat dari sumber data dari buku referensi lain seperti web maupun maintenance manual serta training manual dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengoperasian APU memiliki langkahlangkah dengan cara menggerakkan battery switch ke posisi on, kemudian APU master switch digerakkan kearah posisi start dan tahan beberapa detik. APU master switch sudah pada posisi start dan ditahan maka APU akan melakukan starting. Permasalahan pada fuel nozzles atomizer yang disebabkan karena aliran fuel yang tidak lancar sehingga mengganggu pembakaran, mengakibatkan turunnya kecepatan putaran mesin APU kurang dari 42.000 rpm saat beban bleed diberikan, sehingga APU gagal dalam menyuplai pneumatic system. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan melakukan penggantian combustor unit

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aircraft Components > Auxiliary Power Unit (APU)
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDIrmawan, Erwhin1112201305UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Aeronautika
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 30 Jul 2020 02:31
Terakhir diubah: 30 Jul 2020 02:31
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/700

Actions (login required)

View Item View Item