ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN PENERBANGAN PESAWAT MASKAPAI CITILINK INDONESIA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA PERIODE MARET – MEI 2018

Sinaga, Helfeni Murni (2018) ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN PENERBANGAN PESAWAT MASKAPAI CITILINK INDONESIA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA PERIODE MARET – MEI 2018. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf

Download (619kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
Official URL: http://digilib.sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Keterlambatan penerbangan pesawat atau sering disebut flight delayed adalah penundaan penerbangan yang dilakukan oleh pihak maskapai dari jadwal yang telah ditetapkan karena masalah internal dan eksternal yang terjadi pada suatu perusahaan penerbangan sehingga akan berdampak terhadap citra maskapai itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab keterlambatan penerbangan pesawat dan penanganan keterlambatan penerbangan pesawat maskapai Citilink Indonesia Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta periode Maret – Mei 2018. Penelitian ini dilakukan pada maskapai Citilink Indonesia Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta pada tanggal 12 Maret sampai dengan 12 Mei dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor penyebab keterlambatan penerbangan dan penanganan oleh maskapai Citilink Indonesia di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Terdapat jumlah keterlambatan penerbangan pesawat sebanyak 17 kali dengan total flight 518. Faktor penyebab keterlambatan penerbangan pesawat pada Maskapai Citilink Bandar Udara Internasional Adisutjipto periode Maret – Mei 2018, hujan lebat, asap erupsi gunung Merapi, sistem komputer yang error pada saat check-in dan boarding, penanganan penumpang yang terlambat datang, faktor teknis terjadinya kerusakan pada pesawat, terjadi antrian pesawat Udara lepas landas (take off), mendarat (landing), atau alokasi waktu keberangkatan (departure slot time) di Bandar Udara. Penanganan yang dilakukan oleh pihak Maskapai Citilink Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, dengan memberikan kompensasi yang sesuai dengan peraturan Menteri Perhubungan NO 89 2015, menginformasikan kepada penumpang penyebab keterlambatan penerbangan, lama keterlambatan penerbangan, faktor penyebab keterlambatan penerbangan melalui sms atau e-mail penumpang dan secara langsung memberitahukan kepada penumpang melalui informasi Bandar Udara, membuka counter check-in 2 jam sebelum jam keberangkatan dan akan tutup 30 menit untuk penerbangan domestik atau 1 jam untuk penerbangan Internasional sebelum waktu keberangkatan, menambah counter check-in dan staff/karwayan bagian passasi.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Cargo
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDMeilani, Irwina1110201513UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 30 Jul 2020 03:16
Terakhir diubah: 30 Jul 2020 03:16
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/706

Actions (login required)

View Item View Item