Purba, Ayu Christin (2018) ANALISIS SWEEPING KABIN BAGASI DI UNIT BOARDING GATE MASKAPAI CITILINK INDONESIA BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
![]() |
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
![]() |
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) |
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
Abstract | Intisari
Sweeping kabin bagasi di unit boarding gate maskapai Citilink Indonesia Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta dilakukan untuk menjaga kenyamanan, keamanan dan keselamatan penerbangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan sweeping kabin bagasi, apa saja kendala yang dihadapi petugas boarding gate pada saat proses pelaksanaan sweeping kabin bagasi dan bagaimana cara menangani kendala yang dihadapi pada saat proses sweeping kabin bagasi. Metode pengambilan data yaitu dengan melakukan wawancara terhadap karyawan PT.Gapura Angkasa yang bekerja di maskapai Citilink Indonesia unit boarding gate dan melakukan observasi di unit boarding gate maskapai Citilink Indonesia Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta serta studi pustaka dari berbagai buku, tugas akhir dan laporan praktek kerja lapangan. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis reduksi data, triangulasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, petugas boarding gate melaksanakan sweeping kabin bagasi sesuai dengan SOP (standar operation prosedur) maskapai Citilink Indonesia, kendala yang dihadapi oleh petugas boarding gate adalah kurangnya pemahaman penumpang tentang peraturan kabin bagasi pesawat, penumpang menolak dengan keras tindakan sweeping bagasi dan adanya rasa khawatir penumpang terhadap sweeping bagasi kabin tersebut seperti pecah, rusak, hilang, ketinggalan. Cara yang dilakukan petugas boarding gate dalam menghadapi kendala yang terjadi yaitu menjelaskan dengan sopan kepada penumpang yang bersangkutan tentang ketentuan sweeping kabin bagasi, menimbang barang bawaan penumpang di BTU (baggage test unit), dan mengarahkan penumpang untuk kembali ke check-in counter.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Airport > Boarding Gate | ||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Manajemen Transportasi | ||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||
Tanggal Diposting: | 04 Aug 2020 01:21 | ||||||||
Terakhir diubah: | 04 Aug 2020 01:21 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/713 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |