ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PESAWAT UDARA CITILINK INDONESIA RUTE SOLO-JAKARTA (SOC-HLP) KARENA KEGIATAN RAMP

Napitupulu, Jimmy Gabe Bicar (2018) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PESAWAT UDARA CITILINK INDONESIA RUTE SOLO-JAKARTA (SOC-HLP) KARENA KEGIATAN RAMP. Tugas Akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
Official URL: http://digilib.sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Ketepatan waktu penerbangan baik saat keberangkatan maupun kedatangan merupakan hal yang sangat penting dari suatu perusahaan penerbangan di dalam memberikan pelayanan kepada para pengguna jasa angkutan udara. Keterlambatan (delay) yang diakibatkan oleh kegiatan ramp berdampak terhadap on time performance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata keterlambatan (delay) keberangkatan disebabkan oleh kegiatan ramp dan faktor yang paling memberikan pengaruh keterlambatan pada maskapai penerbangan Citilink Indonesia rute SOC-HLP di Bandara Internasional Adi Soemarmo Boyolali periode 1 April sampai dengan 31 Mei tahun 2018. . Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Ramp Activity Checklist maskapai Citilink Indonesia periode 1 April sampai dengan 31 Mei tahun 2018. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rata-rata dan modus. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata keterlambatan (delay) yang disebabkan oleh kegiatan ramp pada maskapai penerbangan Citilink Indonesia rute Solo - Jakarta (SOC – HLP) adalah selama 3 menit. Faktor yang paling mempengaruhi keterlambatan maskapai penerbangan Garuda Indonesia adalah pada kegiatan boarding dengan rata-rata waktu keterlambatan yaitu selama 3 menit dengan faktor penyebab keterlambatanya meliputi penanganan penumpang kelas VVIP dan bisnis, sistem komputer yang error, penanganan penumpang yang terlamabat datang, dan penanganan penumpang yang membutuhkan penanganan spesial, seperti fatman, elderly dan penumpang yang membutuhkan alat bantu wheel chair.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Ramp Handling
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDPinem, Yune Andriyani1103200919UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 06 Aug 2020 07:25
Terakhir diubah: 06 Aug 2020 07:25
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/771

Actions (login required)

View Item View Item