ANALISIS TAKE OFF DISTANCE PADA PESAWAT N-219

Nurtisa, Fajar Nugraha (2018) ANALISIS TAKE OFF DISTANCE PADA PESAWAT N-219. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (BAB 1)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
Official URL: http://digilib.sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

ANALISIS TAKE OFF DISTANCE PADA PESAWAT N-219 Nurtisa Fajar Nugraha1 dan Noviana Utami C. S.2 INTISARI Pesawat N-219 sendiri merupakan pesawat yang memiliki berbagai macam keunggulan dibandingkan kompetitor dikelasnya, seperti short take off, kabin yang luas sehingga dapat diggunakan untuk pesawat angkut penumpang dan pesawat cargo. Seperti pesawat terbang pada umumnya, N-219 juga mempunyai fase terbang yaitu take off. Untuk mengetahui kemampuan pesawat N-219 saat fase tinggal landas (take off), maka akan dilakukan analisis prestasi terbang (aircraft performance) pada fase take off. Analisis take off distance dilakukan untuk mengetahui panjang landasan yang dibutuhkan pesawat N-219. Penelitian take off distance ini dilakukan dengan variasi keadaan ISA 0o dengan variasi ketinggian runway (altitude) 19 feet, 66 feet, 462 feet, 1646 feet, 2884 feet, 4400 feet, 5085 feet, 5600 feet dan variasi berat pesawat 5000 kg, 6000 kg, dan 7000 kg, kemudian take off distance keadaan ISA +10o dengan variasi ketinggian runway (altitude) 19 feet, 66 feet, 462 feet, 1646 feet, 2884 feet, 4400 feet, 5085 feet, 5600 feet dan variasi berat pesawat 5000 kg, 6000 kg, dan 7000 kg, dan take off distance keadaan ISA +20o dengan variasi ketinggian runway (altitude) 19 feet, 66 feet, 462 feet, 1646 feet, 2884 feet, 4400 feet, 5085 feet, 5600 feet dan variasi berat pesawat 5000 kg, 6000 kg, dan 7000 kg. Hasil dari analisis take off distance berdasarkan variasi kondisi ISA 0o, ISA +10o, dan ISA +20o adalah bertambahnya panjang take off tiap – tiap pertambahan suhu ISA karena setiap bertambahnya suhu ISA maka kerapatan di sekitarnya akan berkurang. Kemudian hasil analisis take off distance dalam variasi ketinggian 19 feet, 66 feet, 462 feet, 1646 feet, 2884 feet, 4400 feet, 5085 feet, dan 5600 feet adalah bertambahnya panjang landasan untuk take off karena berkurangnya kerapatan udara di daerah yang lebih tinggi. Untuk variasi berat pesawat 5000 kg, 6000 kg, dan 7000 kg juga mempengaruhi panjang landasan, karena semakin berat pesawat maka semakin besar pula pesawat harus melawan gaya hambat akibat angin. Kata kunci : Pesawat N-219, take off, aircraft performance

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aircraft Method > Trials
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDNOVIANA, UTAMI1105201515UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Aeronautika
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 10 Dec 2020 07:07
Terakhir diubah: 13 Nov 2023 07:23
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/811

Actions (login required)

View Item View Item