ANALISIS PENAMBAHAN JUMLAH LAPISAN TERHADAP KEKUATAN TARIK KOMPOSIT BERPENGUAT SERAT KEVLAR MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

KURNIAWAN, ADAM ABYAN (2020) ANALISIS PENAMBAHAN JUMLAH LAPISAN TERHADAP KEKUATAN TARIK KOMPOSIT BERPENGUAT SERAT KEVLAR MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text (bab 2a)
BAB 2 A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (bab 2b)
BAB 2 B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)
[img] Text (bab 2c)
BAB 2 C.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text (bab 2d)
BAB 2 D.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (bab 3a)
BAB 3 A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text (bab 3b)
BAB 3 B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)

Abstract | Intisari

Penggunaan material komposit di bidang perindustrian terutama industri produsen pesawat terbang mengalami peningkatan. Produsen Airbus menggunakan material komposit 53% pada pesawat terbarunya A350 XWB series. Untuk mengetahui respon struktur material diperlukan pengujian eksperimental namun uji eksperimental membutuhkan waktu yang cukup panjang dan biaya yang besar untuk menghasilkan sebuah hasil yang akurat. Metode elemen hingga merupakan teknik komputasi yang digunakan untuk mensimulasikan perilaku dari sebuah material yang kompleks sehingga dapat diketahui karakteristik dan sifat mekanisnya. Ini adalah salah satu metode alternatif yang dapat digunakan selain uji eksperimental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan jumlah lapisan komposit yang diperkuat serat kevlar grade 29 bermatriks polyester terhadap kekuatan uji tarik. Komposit laminat disimulasikan menggunakan bantuan software ABAQUS CAE 6.14. Variasi lapisan yang disimulasikan terdiri dari 11 ply, 22 ply, dan 44 ply dengan orientasi serat (0o,45o, -45o, dan 90o) serta pengujian tarik yang dilakukan menggunakan standard ASTM D-3039. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan bertambahnya jumlah lapisan komposit menunjukkan penurunan nilai tegangan-regangan. Nilai kekuatan tarik tertinggi terdapat pada spesimen 11 lapis dengan nilai tegangan 217,091 MPa, regangan 0,00322 % dan nilai modulus elastisitas 67591,3 MPa. Ini menunjukan bahwa stacking sequence berpengaruh terhadap nilai tegangan-regangan yang dihasilkan.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aircraft Method > Research
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDIrmawan, Erwhin1112201302UNSPECIFIED
Program Studi: S1 Teknik Dirgantara
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 03 Mar 2021 02:01
Terakhir diubah: 14 Nov 2023 07:14
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/833

Actions (login required)

View Item View Item