ANALISA NUMERIK KASUS BIRD IMPACT PADA SKIN VERTICAL STABILIZER PESAWAT N219 : Prediksi Simulasi Tumbukan

Djakasurya, Adam Sananda (2020) ANALISA NUMERIK KASUS BIRD IMPACT PADA SKIN VERTICAL STABILIZER PESAWAT N219 : Prediksi Simulasi Tumbukan. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text (bab 2a)
BAB 2 A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text (bab 2b)
BAB 2 B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text (bab 2c)
BAB 2 C.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[img] Text (bab 2d)
BAB 2 D.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)

Abstract | Intisari

Dalam perkembangan kedirgantaraan desain kelayakan (airwhortines) menjadi perhatian utama dalam keselamatan penerbangan. Struktur – struktur pada pesawat memiliki peranan penting pada setiap bagiannya. Alat transportasi ter aman ialah pesawat terbang, maka dalam pembuatan pesawat terbang harus ada persyaratan - persyaratan layak terbang. Dalam dunia penerbangan, eror dapat ditemui secara disengaja maupun yang tidak disengaja. Hal susah di prediksi ialah ketika burung menabrak bagian pesawat. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode dalam proses simulasi dan analisis numerik kasus bird strike dan pengaruh sudut serang burung 0˚ dan 45˚ pada skin vertical stabilizer pesawat N219. Metode yang digunakan pada penelitian ini dilakukan dengan menguji material Alumunium 2024-T4 dengan variasi sudut serang 0˚ dan 45˚ dan menemukan titik maksimal ketahanan material serta mengetahui apakah terjadi kegagalan. Membuat geometri dan juga melakukan analisa dengan menggukan software abaqus.. Hasil penelitian menunjukan dengan dua variasi sudut yang sangat berbeda. Pada sudut serang burung 0˚ menunjukan hasil yang lebih kecil dibandingkan sudut serang burung 45˚ yang critical. Pada parameter regangan variasi sudut 0˚ menghasilkan regangan yang lebih besar dan pendistribusian tegangan pada veriasi sudut 0˚ lebih lama dibandingkan variasi sudut 45˚. Untuk mengatasi kondisi kritis tersebut dapat di tambahkan komnponen-komponen yang berada di vertical stabilizer

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aircraft Components > Engine/ Powerplan (Mesin Pesawat)
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDSetiawam, Herry0509097801UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDArdianto, Haris1105201508UNSPECIFIED
Program Studi: S1 Teknik Dirgantara
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 03 Mar 2021 02:40
Terakhir diubah: 03 Mar 2021 02:40
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/834

Actions (login required)

View Item View Item