NUGROHO, ANDRIYAN (2020) INVESTIGASI EKSPERIMENTAL HEAT TRANSFER PADA TUBULAR ANTI ICING HEATER DENGAN MEMANFAATKAN PANAS GAS BUANG ENGINE. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) |
|
Text (bab 1)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
|
Text (bab 2a)
BAB 2A.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) |
|
Text (bab 2b)
BAB 2B.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) |
|
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
Abstract | Intisari
Terjadinya airfoil contaminasion pada leading edge wing berupa akumulasi partikel es (icing) yang timbul selama penerbangan yang dapat menyebabkan hilangnya produksi gaya angkat. Untuk mencegah icing digunakan anti icing device. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perubahan geometri pada rasio pitch diameter (P/dt) terhadap performa heater yang memanfaatkan kalor gas buang engine dan pengaruh geometri diameter tubular heater terhadap efektivitas heater dalam memanaskan leading edge wing. Penelitian ini menggunakan engine genset 1 silinder berkapasitas 2000 W dengan variasi pembebanan menggunakan lampu pijar dengan total pembebanan sebesar 500 W serta dengan profil airfoil yang dikondisikan. Tubular heater pada penelitian ini menggunakan bahan pipa tembaga (copper tube) dengan pemvariasian pada rasio pitch diameternya (P/dt) yaitu P/dt 8,4, P/dt 9,4 dan P/dt 11,8 serta pada saat pengambilan data penelitian terdapat perlakuan pada saat tubular heater memanaskan leading edge wing yaitu pada kondisi tanpa pembebanan serta tidak di spray, dengan pembebanan tanpa di spray, dengan tanpa pembebanan di spray dan dengan pembebanan di spray. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan geometri rasio pitch diameter (P/dt) akan mempengaruhi parameter performa dari heater. Parameter performa heater meningkat dengan semakin kecilnya rasio pitch diameter (P/dt). Pemanasan yang memanfaatkan limbah panas gas buang engine dengan menggunakan alat tubular heater memberikan peningkatan performa dan efektivitas dalam melakukan pemanasan terhadap leading edge wing dalam mencegah terjadinya kontaminasi pada leading edge wing. Penelitian ini menujukkan bahwa penggunaan alat tubular heater dengan rasio pitch diameter (P/dt) terkecil adalah yang terbaik dalam meningkatkan parameter performa dan efektivitas heater
Tipe Koleksi: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Aircraft Components > Engine/ Powerplan (Mesin Pesawat) | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Program Studi: | S1 Teknik Dirgantara | ||||||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||||||
Tanggal Diposting: | 03 Mar 2021 04:23 | ||||||||||||
Terakhir diubah: | 03 Mar 2021 04:23 | ||||||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/852 |
Actions (login required)
View Item |