ANALISIS KINERJA PETUGAS RAMP HANDLING DALAM MENUNJANG KELANCARAN PENERBANGAN DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JAWA BARAT

Sufriyana, Aris (2020) ANALISIS KINERJA PETUGAS RAMP HANDLING DALAM MENUNJANG KELANCARAN PENERBANGAN DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JAWA BARAT. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
INTISARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

PT. PRATHITA TITIAN NUSANTARA (PTN), perusahaan tersebut bergerak di bidang Cargo, General Trading dan Pelayanan Ground Support Equipment. Perusahaan ini bekerja sama dengan Bandar Udara Internasional Jawa Barat untuk membangun transportasi udara di wilayah Jawa Barat, dalam usaha pengembangannya masih banyak masalah khususnya di bagaian lapangan. Ketika petugas ramp handling menemukan kendala yaitu kurangnya coordinasi dari pihak AIEC bahwa lavatory di pesawat sudah penuh karena ketidak tahuan, petugas tersebut langsung mengisi lavatory sehingga lavatory tersebut over load dampak yang di hasilkan over load tersebut menyebabkan air yang ada di lavarory tesebut bocor keluar sehingga di area apron menimbulkan bau yang tidak sedap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran dan upaya petugas Ramp Handling terhadap kelancaran penerbangan di Bandar Udara Internasional Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif (qualitative approach) karena sifat dari penelitian ini adalah mencari dan menggali informasi dari informan pangkal di lapangan. Data primer merupakan data yang dikumpulkan secara langsung di lapangan melalui wawancara dengan Manager Operasi, Supervisor dan kepala petugas Ramp Handling Informasi. Sedangkan untuk data sekunder pada pengerjaan tugas akhir ini diperoleh dari PT. PRATHITA TITIAN NUSANTARA selaku pengelola Bandar Udara Internasional Jawa Barat. Seperti Fasilitas di Terminal Domestik. Analisis data ini diperoleh dari observasi langsung. Hasil penelitian petugas ramp handling harus teliti dan cepat dalam menangi pesawat agar tidak terjadi delay bagi penerbangan selanjutnya akan tetapi kurangannya kesadaran keselamatan dari beberapa petugas ground handling yang tidak sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) akan menjadi suatu hambatan yang nantinya akan menimbulkan kecelakaan kerja yang berdampak pada petugas lainnya, Oleh karena itu standar operasional prosedur (SOP) dan prosedur keselamatan harus dilaksanakan dan dipahami oleh seluruh personil yang bekerja di area ramp dan brefing, sehingga terciptanya kerja yang aman dan selamat sesuai dengan standar oprasional prosedur (SOP).

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Ramp Handling
Aviation Profession > Ramp Dispatcher
Airport > Ramp
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDAstuti, Septiyani Putri0517098702UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 04 Mar 2021 01:50
Terakhir diubah: 04 Mar 2021 01:50
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item View Item