ANALISIS HEAT TRANSFER ANTI ICING DEVICE SEBAGAI PEMANAS LEADING EDGE WING DENGAN MEMANFAATKAN PANAS GAS BUANG DARI ENGINE

NUGRAHA, BRYAN ADI (2020) ANALISIS HEAT TRANSFER ANTI ICING DEVICE SEBAGAI PEMANAS LEADING EDGE WING DENGAN MEMANFAATKAN PANAS GAS BUANG DARI ENGINE. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (bab 2a)
BAB 2A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text (bab 2b)
BAB 2B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text (bab 3a)
BAB 3A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text (bab 3b)
BAB 3B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)
[img] Text (bab 3c)
BAB 3C.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract | Intisari

Apabila terjadinya airfoil contaminating berupa icing atau penumpukan partikel es pada leading edge wing dapat menimbulkan hilangnya produksi gaya angkat pada pada sayap pesawat yang dikarenakan faktor cuaca dan kelembaban pada ketinggian tertentu. Untuk mencegah terjadinya icing, yaitu dengan menggunakan anti icing device guna mencegah terjadinya icing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh geometri pada rasio diameter coil terhadap performa alat heater yang menggunakan panas gas buang engine dan pengaruh geometri heater terhadap efektivitas heater dalam memanaskan airfoil contamination pada leading edge wing. Penelitian ini menggunakan engine genset 1 silinder berkapasitas 2000 Watt dengan variasi beban menggunakan lampu pijar dengan total beban 500 Watt serta menggunakan profil airfoil yang dikondisikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan geometri coil akan mempengaruhi parameter performa dari alat heater. Parameter performa heater meningkat dengan semakin kecilnya rasio diameter coil. Pemanasan yang memanfaatkan limbah panas gas buang engine dengan menggunakan alat heater helical coil tube feedback memberikan peningkatan performa dan efektivitas dalam melakukan pamanasan leading edge wing dalam mencegah terjadinya kontaminasi. Maka kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penngunaan alat heater helical coil tube feedback dengan rasio diameter terkecil adalah yang terbaik dalam meningkatkan parameter performa dan efektivitas heater.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aircraft System > Icing System > Anti Icing
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDKasmara, Joni1127087301UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMarausna, Gaguk0517038803UNSPECIFIED
Program Studi: S1 Teknik Dirgantara
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 04 Mar 2021 02:03
Terakhir diubah: 15 Nov 2023 02:06
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/869

Actions (login required)

View Item View Item