ANALISIS KOEFISIEN PERPINDAHAN PANAS DAN KOEFISIEN GESEK PADA HEATER PIPA KONSENTRIK DENGAN BAFFLE TYPE INSERT WITH HOLES

ANAM, BRYAN FAUZI (2020) ANALISIS KOEFISIEN PERPINDAHAN PANAS DAN KOEFISIEN GESEK PADA HEATER PIPA KONSENTRIK DENGAN BAFFLE TYPE INSERT WITH HOLES. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (bab 3a)
BAB 3A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB)
[img] Text (bab 3b)
BAB 3B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract | Intisari

Horizontal stabilizer merupakan salah satu komponen terpenting dari pesawat terbang dalam mengontrol sikap terbang dari suatu pesawat. Sehingga jika horizontal stabilizer terganggu dalam mengontrol sikap terbang maka dapat menyebabkan pesawat terjatuh karena pitch down mengarahkan pesawat kearah bawah. Karena pentingnya faktor keselamatan maka, perlu dijaga horizontal stabilizer dari gangguan-gangguan yang dapat menyebabkan kehilangan kendali. Salah satu terjadinya gangguan pada horizontal stabilizer akibat adanya kontaminasi saat pesawat tersebut sedang terbang. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh variasi baffle type insert terhadap koefisien perpindahan panas, untuk mengetahui pengaruh variasi baffle type insert terhadap koefisien gesek. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan variable baffle type insert dengan device heater tube memanfaatkan gas panas dengan memanfaatkan perpindahan kalor dengan device yang berbeda untuk mencegah terjadinya icing di tail horizontal stabilizer. Pada penelitian ini akan membandingkan karakteristik perpindahan panas dan faktor gesekan pada heater tube dengan penambahan baffle type insert Parameter penelitian yang dijaga konstan adalah rasio dari type untuk baffle type insert yang berbeda memiliki bentuk rectangle, circle dan delta. Sebagai perbandingan, juga diuji untuk tube dalam tambahan type insert (plain tube) dengan penambahan baffle type insert pada nilai yang berbeda dengan dan ukuran lebar yang sama. Hasil penelitian adalah perubahan geometri pada rasio baffle dapat meningkatkan nilai perpindahan kalor konveksi, 36,6 W menciptakan efek turbulensi, 2834 karakteristik aliran proses perpindahan panas, 11.68 dan meningkatkan koefisien perpindahan kalor konveksi, 14,54 (W/m2.°C) factor gesekan, 0,04645 pressure drop (P), 2,7 Pa. Hal tersebut juga akan mempengaruhi koefisien perpindahan panas dari heater dan koefisien gesek. Dapat disimpulkan dari penelitian yang terbaik adalah geometri rasio baffle rectangle.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aircraft Components > Empennage (Ekor Pesawat) > Horizontal Stabilizer
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDBukhori, Luqman1107201927UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSusanto, Heru1109201619UNSPECIFIED
Program Studi: S1 Teknik Dirgantara
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 04 Mar 2021 04:39
Terakhir diubah: 15 Nov 2023 06:50
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/871

Actions (login required)

View Item View Item