RANCANG BANGUN SISTEM KENDALI MINI FW-UAV MENIRU ELANG

Srihadmaja, Catur Haris (2020) RANCANG BANGUN SISTEM KENDALI MINI FW-UAV MENIRU ELANG. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (bab 2a)
BAB 2A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text (bab 2b)
BAB 2B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text (bab 3a)
BAB 3A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[img] Text (bab 3b)
BAB 3B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)

Abstract | Intisari

Burung mampu terbang diudara dengan mekanisme dan kinematika kepakan sayapnya. Burung elang mampu terbang dengan kemampuan manuver yang luar biasa, yang juga merupakan burung pemangsa. Eurasian sparrowhawk (Accipiter nisus) merupakan salah satu jenis burung pemangsa (raptor) yang berukuran kecil. Mekanisme, kinematika dan pengendalian cara terbangnya menjadi daya tarik untuk diaplikasikan dalam wahana terbang mini dengan konfigurasi sayap kepak (FW-UAV). Pengendalian mekanisme terbangnya menjadi fokus dalam penelitian ini untuk mendapatkan desain sistem kendali dari mini FW-UAV meniru elang Eurasian sparrowhawk dari pengendalian mekanisme kepakan sayap dan gerak ekornya. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan eksperimen atau membuat purwarupa dari mini FW-UAV dengan memasukkan sistem kendali dalam purwarupa tersebut. Untuk melakukan pengendalian mekanisme kepakan sayapnya menggunakan sistem reduction gear yang terhubung dengan sebuah motor untuk membangkitkan mekanisme gerak kepakan sayapnya sekaligus sebagai pengontrolnya, sedangkan untuk pengendalian ekor dipasangkan dua buah servo untuk kontrol gerak rolling dan pitching ekornya. Desain sistem kendali model 2 mampu melakukan pengendalian mekanisme pada frekuensi kepakan sayap sebesar 6,363 Hz pada 60% throttle, pada desain sistem kendali model 2 ini juga mampu melakukan pengendalian ekor dengan sudut roll ekor sebesar 90 deg (45 deg roll kanan dan 45 deg roll kiri) serta gerak pitch ekor sebesar 90 deg (45 deg pitch-up dan 45 deg pitch-down).

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: UAV (Unmanned Aerial Vehicle)
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDErissonia, Arfie Armelia0531038902UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDYudhoyono, Reo0529048403UNSPECIFIED
Program Studi: S1 Teknik Dirgantara
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 05 Mar 2021 02:15
Terakhir diubah: 13 Nov 2023 06:41
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item View Item