STUDI INVESTIGASI PITOT PERFORMANCE MENGGUNAKAN HEATER ELECTRIC UNTUK MENJAGA PITOT TERHADAP GANGGUAN ICING

RESTRI, DIKKE TRENIKA (2020) STUDI INVESTIGASI PITOT PERFORMANCE MENGGUNAKAN HEATER ELECTRIC UNTUK MENJAGA PITOT TERHADAP GANGGUAN ICING. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (bab 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[img] Text (bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)

Abstract | Intisari

Pitot merupakan bagian pesawat yang sangat rawan terjadinya kegagalan berupa icing atau pembentukan es pada surface dan pitot nose yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pitot hole. Penyumbatan ini dapat menyebabkan kesalahan dalam pembacaan instumen yang ada pada cockpit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perubahan altitude terhadap jarak transisi pemanas heater dan untuk mengetahui pengaruh perubahan temperatur ambient (lingkungan) terhadap performa heater. Sehingga dapat diketahui fator-faktor apa yang dapat mempengaruhi terjadinya pembentukan icing pada pitot. Pitot dirancang menggunakan heater yang terletak di nose pitot. Heater yang digunakan merupakan heater 3D printing, kemudian dilakukan pengujian untuk memperoleh data yang digunakan untuk analisis performa kerja pitot. Hasil penelitian akan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik sebagai deskripsi fenomena yang terjadi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa altitude sangat berpengaruh terhadap propertis udara. Hal ini dapat menunjukkan karakteristik aliran apa yang melekat disepanjang pitot. Dengan kondisi altitude yang tinggi dan temperatur yang rendah sehingga terindikasi karakteristik aliran turbulen di sepanjang pitot surface, maka diperlukan temperatur sebesar 30 ˚C untuk mengatasi ganguan icing dan temperatur elemen heater cukup besar yaitu 33,74 W dan 182,67 ˚C.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aircraft System > Icing System > Anti Icing
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDKasmara, Joni1105201833UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMarausna, Gaguk0517038803UNSPECIFIED
Program Studi: S1 Teknik Dirgantara
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 05 Mar 2021 03:08
Terakhir diubah: 15 Nov 2023 02:12
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/900

Actions (login required)

View Item View Item