HERMAWAN, DWI (2020) ANALISIS PENGARUH SUDUT WASHOUT WING TWIST TERHADAP PERFORMA AERODINAMIKA NACA 2415. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
![]() |
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
![]() |
Text (bab 1)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
![]() |
Text (bab 2a)
BAB 2A.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) |
![]() |
Text (bab 2b)
BAB 2B.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) |
![]() |
Text (bab 3a)
BAB 3A.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) |
![]() |
Text (bab 3b)
BAB 3B.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
![]() |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
Abstract | Intisari
Fase take off dan landing merupakan fase critical dalam siklus pesawat terbang. Dalam kondisi critical pesawat membutuhkan gaya angkat yang besar, dengan meningkatnya gaya angkat maka angle of attack yang terbentuk juga semakin tinggi sehingga terjadinya stall pada pesawat cukup besar. Untuk meminimalisir hal tersebut perlu adanya penambahan komponen pada sayap yang dapat menghasilkan gaya angkat yang tinggi tetapi dengan angle of attack yang rendah atau dibawah critical point. Salah satu komponen untuk menghasilkan gaya angkat yang tinggi pada kondisi angle of attack rendah adalah menggunakan washout wing twist. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah experiment dengan menggunakan wind tunnel subsonic. Penelitian ini menggunakan airfoil seri NACA 2415 dan menggunakan bahan sterofoam pada kondisi kecepatan aliran udara (U) 3, 5, dan 6 m/s serta angle of attack (α) 0°, 5°, 10°, 12°, 14°, dan 16°. Sudut washout wing twist yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 0, -5, -7, -9. Hasil dari penelitian memperlihatkan dengan adanya penambahan washout wing twist dapat mempengaruhi performa aerodinamika, dan boundary layer. Dimana parameter performa aerodinamika dan boundary layer meningkat dengan adanya sudut washout wing twist. Pada sayap dengan sudut washout wing twist -7 menghasilkan performa yang baik dengan terjadi peningkatan CL sebesar 26%, penurunan CD sebesar 9%, dan peningkatan boundary layer sebesar 2,4% dibandingkan dengan sayap tanpa washout wing twist. Tetapi semakin besar sudut washout wing twist akan menyebabkan kedua performa tersebut mengalami penurunan. Dengan meningkatnya sudut washout wing twist juga akan mempercepat terjadinya stall.
Tipe Koleksi: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Method > Aerodinamika | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Program Studi: | S1 Teknik Dirgantara | ||||||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||||||
Tanggal Diposting: | 05 Mar 2021 03:27 | ||||||||||||
Terakhir diubah: | 14 Nov 2023 02:55 | ||||||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/902 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |