ANALISIS RELIABILITY PART NUMBER 3289630-2 STARTER VALVE PADA PESAWAT BOEING 737 NEXT GENERATION MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE DI PT GMF AEROASIA

C. PUTRA, DWI MURIDHA (2020) ANALISIS RELIABILITY PART NUMBER 3289630-2 STARTER VALVE PADA PESAWAT BOEING 737 NEXT GENERATION MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE DI PT GMF AEROASIA. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text (bab 2a)
BAB 2A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[img] Text (bab 2b)
BAB 2B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text (bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)

Abstract | Intisari

Pemeliharaan pesawat terbang merupakan salah satu kegiatan yang telah menjadi unsur penting dalam penerbangan, dimana kegiatan tersusun secara terjadwal (schedule), namun sering kali kegiatan pemeliharan secara tidak terjadwal (unscheduled) terjadi yang menyebabkan kerugian dalam hal operasi maupun pembiyaan perawatan (maintenance costs). Pemeliharaan pesawat terbang bertujuan untuk mempertahankan pesawat udara, komponen-komponen pesawat dan perlengkapan lainnya dalam keadaan laik udara (airworthy). Jika bagian komponen pesawat mengalami kegagalan, maka kehandalan dari komponen ini akan semakin menurun dan laju kerusakannya akan semakin meningkat seiring bertambahnya waktu. Analisis reliability part number 3289630-2 starter valve pada boeing 737 next generation ini bertujuan untuk menentukan tingkat kehandalan dan failure mode sehingga dapat dibentuk suatu effective schedule maintenance dan cara perawatan (desain maintenance) yang tepat berdasarkan kerusakan komponen starter valve. Analisis akan dilakukan menggunakan metode Reliability Centered Maintenance (RCM), dimana life distribution seperti MTTF, reliability, dan parameter kehandalan didapat menggunakan bantuan perangkat lunak microsoft excel. Hasil analisis menunjukkan bahwa top even reason of removal disebabkan karena starter valve stuck dengan komponen kristis ialah part Packing yang memiliki nilai Risk Priority Number (RPN) sebesar 180. Sementara itu effective schedule maintenance untuk sistem kerja mechanical part sebesar 901 flight cycle, electrical system 1001 flight cycle, dan Pneumatic actuator sebesar 4801 flight cycle.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aircraft Maintenance > Repair
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDSOFYAN, EDI0511126701UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSetiawan, Ferry0503027901UNSPECIFIED
Program Studi: S1 Teknik Dirgantara
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 05 Mar 2021 07:05
Terakhir diubah: 17 Nov 2023 03:35
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/903

Actions (login required)

View Item View Item