Hermawan, Devayasa (2020) PERAN AIRPORT OPERATION CENTER (AOC) DALAM MENANGANI PERGERAKAN PENUMPANG DI AREA BOARDING LOUNGE TERMINAL 3 BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNOHATTA CENGKARENG. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
![]() |
Text (ABSTRAK)
INITSARI.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (822kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
Abstract | Intisari
Didirikannya Airport Operation Center (AOC) ini didasari dari pertumbuhan industri penerbangan yang cukup signifikan setiap tahunnya dan membuat dinamika operasional semakin beragam apalagi di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng yang merupakan bandar udara terpadat di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peranan Airport Operation Center (AOC) dalam penanganan penumpang terkait pengalokasian Boarding Lounge di Terminal 3 dan untuk mengetahui pergerakan penumpang di area Terminal 3 periode Januari sampai dengan Desember 2019 di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng. Penelitian ini dilaksanakan di unit Airport Operation Center (AOC) PT. Angkasa Pura II (PERSERO) di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng. Waktu penelitian dilaksanakan selama dua bulan yaitu 01 Februari sampai dengan 31 Maret 2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data yang diambil adalah dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Peran Airport Operation Center (AOC) dalam menangani pergerakan penumpang di area Boarding Lounge di Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng sangatlah penting, yaitu bertanggungjawab atas pengalokasian boarding lounge agar tidak terjadi penumpukan penumpang di suatu boarding lounge/gate. Pengalokasian Boarding Lounge dilakukan tersistem dengan menggunakan program Flight Management Module (FMM) dengan menu Airport Flight System (AFS). Melihat kondisi Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng yang padat, boarding lounge haruslah dapat menampung 80% dari kapasitas pesawat terbesar yang beroperasi saat ini. Pada Terminal 3 tersedia 36 boarding lounge/gate. Dilihat dari pergerakan penumpang didapatkan jumlah penumpang yang melalui Terminal 3 pada tahun 2019 sebanyak 23,125,874 penumpang.
Tipe Koleksi: | Thesis (Tugas Akhir) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Aviation Profession > Airport Operation Control Center Airport > Boarding Lounge |
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Program Studi: | D3 Manajemen Transportasi | ||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||
Tanggal Diposting: | 08 Mar 2021 01:42 | ||||||||
Terakhir diubah: | 08 Mar 2021 01:42 | ||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/908 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |