PERAN AIRPORT OPERATION CENTER (AOC) DALAM MENANGANI PERGERAKAN PENUMPANG DI AREA BOARDING LOUNGE TERMINAL 3 BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNOHATTA CENGKARENG

Hermawan, Devayasa (2020) PERAN AIRPORT OPERATION CENTER (AOC) DALAM MENANGANI PERGERAKAN PENUMPANG DI AREA BOARDING LOUNGE TERMINAL 3 BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNOHATTA CENGKARENG. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
INITSARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Didirikannya Airport Operation Center (AOC) ini didasari dari pertumbuhan industri penerbangan yang cukup signifikan setiap tahunnya dan membuat dinamika operasional semakin beragam apalagi di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng yang merupakan bandar udara terpadat di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peranan Airport Operation Center (AOC) dalam penanganan penumpang terkait pengalokasian Boarding Lounge di Terminal 3 dan untuk mengetahui pergerakan penumpang di area Terminal 3 periode Januari sampai dengan Desember 2019 di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng. Penelitian ini dilaksanakan di unit Airport Operation Center (AOC) PT. Angkasa Pura II (PERSERO) di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng. Waktu penelitian dilaksanakan selama dua bulan yaitu 01 Februari sampai dengan 31 Maret 2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data yang diambil adalah dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Peran Airport Operation Center (AOC) dalam menangani pergerakan penumpang di area Boarding Lounge di Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng sangatlah penting, yaitu bertanggungjawab atas pengalokasian boarding lounge agar tidak terjadi penumpukan penumpang di suatu boarding lounge/gate. Pengalokasian Boarding Lounge dilakukan tersistem dengan menggunakan program Flight Management Module (FMM) dengan menu Airport Flight System (AFS). Melihat kondisi Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng yang padat, boarding lounge haruslah dapat menampung 80% dari kapasitas pesawat terbesar yang beroperasi saat ini. Pada Terminal 3 tersedia 36 boarding lounge/gate. Dilihat dari pergerakan penumpang didapatkan jumlah penumpang yang melalui Terminal 3 pada tahun 2019 sebanyak 23,125,874 penumpang.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aviation Profession > Airport Operation Control Center
Airport > Boarding Lounge
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDTamara, Amelia Puspa0509059402UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 08 Mar 2021 01:42
Terakhir diubah: 08 Mar 2021 01:42
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/908

Actions (login required)

View Item View Item