STUDI EKSPERIMENTAL EFEKTIVITAS HEAT TRANSFER PADA HELICAL COIL ANTI ICING DENGAN MEMANFAATKAN THERMAL GAS BUANG DARI ENGINE

HASAN, FACHRUL AZIZ (2020) STUDI EKSPERIMENTAL EFEKTIVITAS HEAT TRANSFER PADA HELICAL COIL ANTI ICING DENGAN MEMANFAATKAN THERMAL GAS BUANG DARI ENGINE. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (bab 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (bab 3a)
BAB 3A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[img] Text (bab 3b)
BAB 3B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)

Abstract | Intisari

Hilangnya gaya angkat pada pesawat bisa terjadi karena airfoil contamination berupa icing atau penumpukan partikel es pada leading edge wing yang dikarenakan faktor cuaca dan kelembaban pada ketinggian tertentu. Untuk mencegah terjadinya icing, yaitu dengan menggunakan anti icing guna mencegah terjadinya icing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh geometri pada rasio diameter coil terhadap performa heater yang memanfaatkan panas gas buang dari engine dan pengaruh geometri heater terhadap efektivitas heater dalam mencegah terjadinya airfoil contamination pada leading edge wing. Penelitian ini menggunakan engine genset 1 silinder berkapasitas 2000 W dengan variasi beban menggunakan lampu pijar dengan total beban 500 W serta menggunakan profil wing yang dikondisikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan geometri coil akan mempengaruhi performa heater. Terlihat yang terbaik pada heater 3 dengan rasio diameter coil 14,8 memiliki curva rasio 0,0724, memiliki koefisien perpindahan kalor sebesar 512, 57, memiliki pressure drop sebesar 627,2 dan memiliki efektivitas 64,0%. Jadi walaupun heater 3 memiliki efektivitas yang kecil tetapi terihat memiliki pressure drop yang besar. Parameter performa heater meningkat dengan semakin besarnya rasio diameter coil. Maka kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat berupa heater helical coil dengan rasio diameter terbesar adalah yang terbaik dalam meningkatkan parameter performa dan efektivitas heater. Perubahan geometri coil akan mempengaruhi efektivitas dari heater tersebut dimana rasio kelengkungan atau curva rasio dapat meningkatkan pressure drop.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aircraft System > Icing System > Anti Icing
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDKasmara, Joni1127087301UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMarausna, Gaguk0517038803UNSPECIFIED
Program Studi: S1 Teknik Dirgantara
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 08 Mar 2021 01:54
Terakhir diubah: 15 Nov 2023 02:02
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/909

Actions (login required)

View Item View Item