ROMADHON, FAISAL (2020) PERENCANAAN TURN AROUND TIME AKTIFITAS PERAWATAN C05-CHECK PADA PESAWAT AIRBUS 320-200 DENGAN METODE CRITICAL PATH METHOD. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
![]() |
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
![]() |
Text (bab 1)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
![]() |
Text (bab 2a)
BAB 2A.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) |
![]() |
Text (bab 2b)
BAB 2B.pdf Restricted to Registered users only Download (821kB) |
![]() |
Text (bab 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (655kB) |
![]() |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
Abstract | Intisari
Perawatan pesawat terbang merupakan salah satu unsur yang penting karena perawatan pesawat terbang memberikan jaminan keselamatan penerbangan, keandalan, dan kelayakan udara (airworthiness). Perawatan diatur dalam dokumen perawatan untuk perencanaan waktu. Perencanaan perawatan juga salah salah satu yang harus dilakukan untuk mencapai perawatan yang efektif sehingga dapat dipercayakan oleh custumer atau pemilik pesawat. Tujuan dalam perencanaan perawatan pesawat yaitu untuk mengetahui perencanaan aktifitas pekerjaan dan perhitungan waktu dari suatu perawatan yang sesuai dengan taskcard C05 pesawat Airbus 320-200 dalam menentukan waktu Turn Around Time (TAT). TAT merupakan waktu yang dibutuhkan dalam mengerjakan sesuatu perawatan dan menentukan TAT tersebut yaitu dengan menggunakan metode Critical Path Method (CPM). CPM yaitu metode yang berhubungan dengan penentuan suatu waktu, dimana juga terdapat menentukan jalur kritis atau jalur yang tidak boleh ditunda suatu aktifitas tersebut, sehingga metode ini menentukan hasil TAT perawatan C05 menjadi 10 hari dengan perencanaan aktifitas perawatan di kelompokkan secara garis besarnya berdasarkan access panel dari open hingga close yang dihitung dengan rumus dalam metode CPM menentukan total TAT dari setiap pengelompokan access panel. Dari hasil disimpulkan dibentuk desain jaringan CPM sesuai dengan urutan perencanaan aktifitas pekerjaan untuk mencari nilai dari perhitungan maju, mundur dan jalur ktitis sebagai menentukan TAT baru. Sehingga, TAT baru hasil dari perhitungan yang ada yaitu 10 hari berdasarkan perbandingan TAT perusahaan yaitu 13 hari dengan selisih persentase 23.08%. Adapun jalur kritis berada pada code aktivity A-B-D-D1-D2-D3-D4-D5-D6-D7-H-I-J.
Tipe Koleksi: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Aircraft Maintenance > Repair | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Program Studi: | S1 Teknik Dirgantara | ||||||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||||||
Tanggal Diposting: | 08 Mar 2021 02:19 | ||||||||||||
Terakhir diubah: | 14 Nov 2023 06:40 | ||||||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/916 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |