PERENCANAAN TURN AROUND TIME AKTIFITAS PERAWATAN C05-CHECK PADA PESAWAT AIRBUS 320-200 DENGAN METODE CRITICAL PATH METHOD

ROMADHON, FAISAL (2020) PERENCANAAN TURN AROUND TIME AKTIFITAS PERAWATAN C05-CHECK PADA PESAWAT AIRBUS 320-200 DENGAN METODE CRITICAL PATH METHOD. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text (bab 2a)
BAB 2A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text (bab 2b)
BAB 2B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)
[img] Text (bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)

Abstract | Intisari

Perawatan pesawat terbang merupakan salah satu unsur yang penting karena perawatan pesawat terbang memberikan jaminan keselamatan penerbangan, keandalan, dan kelayakan udara (airworthiness). Perawatan diatur dalam dokumen perawatan untuk perencanaan waktu. Perencanaan perawatan juga salah salah satu yang harus dilakukan untuk mencapai perawatan yang efektif sehingga dapat dipercayakan oleh custumer atau pemilik pesawat. Tujuan dalam perencanaan perawatan pesawat yaitu untuk mengetahui perencanaan aktifitas pekerjaan dan perhitungan waktu dari suatu perawatan yang sesuai dengan taskcard C05 pesawat Airbus 320-200 dalam menentukan waktu Turn Around Time (TAT). TAT merupakan waktu yang dibutuhkan dalam mengerjakan sesuatu perawatan dan menentukan TAT tersebut yaitu dengan menggunakan metode Critical Path Method (CPM). CPM yaitu metode yang berhubungan dengan penentuan suatu waktu, dimana juga terdapat menentukan jalur kritis atau jalur yang tidak boleh ditunda suatu aktifitas tersebut, sehingga metode ini menentukan hasil TAT perawatan C05 menjadi 10 hari dengan perencanaan aktifitas perawatan di kelompokkan secara garis besarnya berdasarkan access panel dari open hingga close yang dihitung dengan rumus dalam metode CPM menentukan total TAT dari setiap pengelompokan access panel. Dari hasil disimpulkan dibentuk desain jaringan CPM sesuai dengan urutan perencanaan aktifitas pekerjaan untuk mencari nilai dari perhitungan maju, mundur dan jalur ktitis sebagai menentukan TAT baru. Sehingga, TAT baru hasil dari perhitungan yang ada yaitu 10 hari berdasarkan perbandingan TAT perusahaan yaitu 13 hari dengan selisih persentase 23.08%. Adapun jalur kritis berada pada code aktivity A-B-D-D1-D2-D3-D4-D5-D6-D7-H-I-J.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aircraft Maintenance > Repair
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDSetiawan, ferry0503027901UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDsofyan, edi0511126701UNSPECIFIED
Program Studi: S1 Teknik Dirgantara
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 08 Mar 2021 02:19
Terakhir diubah: 14 Nov 2023 06:40
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item