INVESTIGASI PENGARUH PENAMBAHAN LAPISAN PADA PENGUJIAN TARIK KOMPOSIT SERAT KEVLAR/EPOXY MENGGUNAKAN SOFTWARE ABAQUS

TYAS, HASTY NING (2020) INVESTIGASI PENGARUH PENAMBAHAN LAPISAN PADA PENGUJIAN TARIK KOMPOSIT SERAT KEVLAR/EPOXY MENGGUNAKAN SOFTWARE ABAQUS. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (bab 2a)
BAB 2A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img] Text (bab 2b)
BAB 2B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[img] Text (bab 2c)
BAB 2C.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[img] Text (bab 2d)
BAB 2D.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)

Abstract | Intisari

Keunikan suatu material yang dapat dikelola dengan baik akan mendorong kemajuan teknologi bagi suatu peradaban. Dalam pengembangannya, diketahui bahwa terdapat karakteristik unggul material komposit dengan laminasi yang lebih tipis dapat menghasilkan mechanical properties yang lebih baik dibandingkan dengan komposit laminasi tebal. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pemodelan spesimen uji, pengaruh penambahan jumlah lapisan terhadap nilai tegangan dan regangan serta mempelajari besarnya nilai modulus elasitisitas terhadap variasi ply thickness pada jumlah lapisan 10 ply, 20 ply dan 40 ply. Pemodelan spesimen uji menggunakan sebuah pendekatan numerik yaitu dengan Finite Element Analysis menggunakan bantuan software Abaqus/CAE 6.14. Hasil penelitian menunjukkan pemodelan spesimen uji dapat dibuat menggunakan bantuan Abaqus, sehingga dapat mengetahui pengaruh penambahan jumlah lapisan terhadap nilai tegangan, regangan dan Modulus Elastisitas yaitu nilai tegangan dan regangan tertinggi terdapat pada variasi lapisan terkecil yaitu 10 ply dan terjadi kenaikan nilai Modulus Elastisitas dari variasi 10 ply yaitu 8.526,93 MPa ke 20 ply 8.667,36 dan kemudian terjadi penurunan nilai Modulus Elastisitas pada variasi 40 Ply yaitu 6.647,71 MPa.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aircraft Method > Research
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDSuroso, Indreswari0501017901UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDUtami, Noviana0515118401UNSPECIFIED
Program Studi: S1 Teknik Dirgantara
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 08 Mar 2021 02:24
Terakhir diubah: 15 Nov 2023 06:47
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item