Tetik, Hieronimus Roni (2020) ANALISIS HEAT TRANSFER FIRE PROTECTION SYSTEM DI CABIN COMPARTMENT. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
![]() |
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
![]() |
Text (bab 1)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
![]() |
Text (bab 2a)
BAB 2A.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) |
![]() |
Text (bab 2b)
BAB 2B.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) |
![]() |
Text (bab 2c)
BAB 2C.pdf Restricted to Registered users only Download (805kB) |
![]() |
Text (bab 3a)
BAB 3A.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) |
![]() |
Text (bab 3b)
BAB 3B.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) |
![]() |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
Abstract | Intisari
Kebakaran merupakan suatu peristiwa atau kejadian timbulnya api yang melibatkan tiga unsur yaitu: oksigen, bahan bakar, dan sumber panas yang dapat berakibat menimbulkan kerugian berupa harta benda, cidera bahkan kematian. Jika suatu kebakaran yang terjadi disebuah pesawat terbang dan kejadian tersebut berlangsung lama, khususnya pada cabin compartment akan mengakibatkan kerusakan fatal pada cabin pesawat, untuk mencegah terjadinya kebakaran tersebut, yaitu dengan menggunakan fire protection system untuk mencegah dan memadamkan kebakaran yang terjadi pada cabin compartment pesawat terbang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mencegah atau memadamkan api dengan lebih cepat sehingga api tidak merambat lebih luas didalam cabin compartment. Semakin lama waktu saat kebakaran tersebut terjadi, maka dapat berakibat buruk pada cabin compartment pesawat tersebut. Penelitian ini menggunakan beberapa komponen dengan mengkondisikan bentuk atau model cabin compartment yang berada dalam cabin pesawat. Dimana dalam penelitian ini menggunakan element solder sebagai pemicu kebakaran terjadi, dan menggunakan tiga bahan sebagai media merambatnya api, yaitu kapas, kain dan karet, dengan menggunakan variasi beban yang berbeda dengan menggunakan kecepatan aliran CO2 dari kipas yang berputar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media dan perubahan kecepatan aliran CO2 sangat berpengaruh terhadap pemadaman api. Dimana ketika api terjadi pada media berbahan kapas dan kain waktu untuk memadamkan api lebih cepat, namun sebaliknya, jika api terjadi pada media berbahan karet butuh waktu yang sangat lama untuk memadamkan api tersebut. Maka kesimpulan dari penelitian ini durasi waktu untuk memadamkan api bergantung pada media dan kecepatan aliran CO2.
Tipe Koleksi: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Aircraft Components > Engine Fire Protection | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Program Studi: | S1 Teknik Dirgantara | ||||||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||||||
Tanggal Diposting: | 08 Mar 2021 04:31 | ||||||||||||
Terakhir diubah: | 14 Nov 2023 02:00 | ||||||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/922 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |