ANALISIS HEAT TRANSFER PADA TUBULAR ANTI ICING HEATER DENGAN MEMANFAATKAN PANAS GAS BUANG ENGINE MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS

Susanto, Imam (2020) ANALISIS HEAT TRANSFER PADA TUBULAR ANTI ICING HEATER DENGAN MEMANFAATKAN PANAS GAS BUANG ENGINE MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text (bab 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)
[img] Text (bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)

Abstract | Intisari

Pesawat merupakan salah satu jenis transportasi udara yang memanfatkan 4 gaya agar dapat beroperasi. Adapun gaya yang dimaksud yaitu gaya lift, drag, thrust dan weight, keempat gaya tersebut saling berkaitan dalam membuat pesawat bisa terbang. Apabila salah satu gaya terganggu maka pesawat tidak dapat beroperasi secara maksimal. Salah satu penyebab terganggunya gaya adalah aliran udara yang melewati sayap yang disebabkan oleh icing. Pada penelitian ini bertujuan mengetahui distribusi kecepatan aliran gas buang di dalam tubular sehingga dapat diketahui karakteristik jenis aliran yang mengalir, mengamati distribusi temperature gas buang di dalam tubular sehingga dapat diketahui kemampuan tubular dalam melepas kalor, mengatahui distribusi tekanan di dalam tubular sehingga dapat terlihat bagian dari tubular yang mengalami tekanan tertinggi dan terendah. Pada penelitian ini dilakukan analisis heater anti icing berbentuk tubular, yang akan digunakan untuk menghilangkan icing pada bagian leading edge dari sayap. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode computational fluid dynamics, penggunaan metode komputasi dilakukan untuk menganalisis lebih lanjut terkait distribusi aliran gas buang yang melewati heater agar lebih detail. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pada distribusi kecepatan di dalam tubular ,geometri tubular mampu menciptakan aliran turbulensi disepanjang lekukan. Distribusi temperature di dalam tubular menunjukkan bahwa temperature tinggi pada bagian di dekat inlet akan memaksimalkan perpindahan kalor, namun pada bagian outlet yang memiliki temperature rendah menyebabkan perpindahan kalor kurang maksimal. Distribusi tekanan di dalam tubular menunjukkan bahwa lekukan 90º pada inlet menghasilkan penurunan tekanan yang besar.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aircraft System > Icing System > Anti Icing
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDNURCAHYO, AGUS1108201617UNSPECIFIED
Program Studi: S1 Teknik Dirgantara
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 08 Mar 2021 04:34
Terakhir diubah: 15 Nov 2023 02:10
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/930

Actions (login required)

View Item View Item