PELAYANAN ON TIME PERFORMANCE CHECK IN MASKAPAI GARUDA INDONESIA TERHADAP PENUMPANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL I GUSTI NGURAH RAI BALI

PANGESTUNINGSIH, FIAJENG INDRA (2020) PELAYANAN ON TIME PERFORMANCE CHECK IN MASKAPAI GARUDA INDONESIA TERHADAP PENUMPANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL I GUSTI NGURAH RAI BALI. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
INTISARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Banyak sekali penumpang yang menggunakan jasa pesawat terbang, karena lebih terjangkau dan lebih cepat dibanding transportasi lainnya. Para penumpang yang akan menggunakan jasa transportasi udara sebelum boarding mereka wajib melalukan check in di counter check in. Check in merupakan proses lanjutan dari ticketing yang dimana penumpang akan melakukan proses pelaporan keberangkatannya di bandar udara yang meliputi pelaporan tiket penerbangan untuk dan barang bawaan penumpang (bagasi). Di dalam penanganan petugas check in tentunya ada beberapa hal yang menjadi kelebihan bagi perusahaan seperti dari segi penanganan dan ketepatan. On Time Performance digunakan oleh maskapai penerbangan sebagai salah satu indicator kinerja utama agar dapat memperdalam hubungan dengan customer. Karena pelanggan sangat mengandalkan ketepatan waktu dan apanila itu tidak mereka dapatkan, mereka akan mencari alternatife lain untuk berpergian. Hal itulah yang berusaha di antisipasi, dengan penanganan yang baik akan menimbulkan persepsi yang baik dari pengguna jasa sehingga output yang diperoleh perusahaan juga akan semakin baik dalam mencapai On Time Performance. Metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dimana penulis mendeskripsikan tentang pelayanan On Time Performance. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan wawancara kepada narasuber dan data sekunder diambil dari data keseharian secara langsung (Daily Report) lalu dioleh kembali mengenai On Time Performance penerbangan periode Desember – Januari 2020. Hasil penelitian tugas akhir ini menunjukkan bawah terdapat beberapa kendala yang dialami oleh makapai Garuda Indonesia dalam mencapai ketepatan waktu atau On Time Performance dan check in ketidaktepatan waktu itu terjadi dalam beberapa hal diantaranya tidak tepatnya pesawat saat datang (Latte Arrival), mendarat di bandara yang bukan tujuan atau dialihkan ke bandara lain (Divert), cuaca buruk, delay, aircraft technical yang dapat di tindak lanjuti dengan half way boarding untuk memperingkat waktu dalam melakukan boarding dengan menggunakan fasilitas garbarata, quick handling, adanya technical delay aircraft maintance dan dukungan man power.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Check-in
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDMoerdopo, Endang030504UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 09 Mar 2021 01:57
Terakhir diubah: 09 Mar 2021 01:58
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item View Item