ARDIANSYAH, KARTIKA NUR (2020) VISUALISASI ALIRAN UDARA DAN PENGUKURAN GAYA PADA UAV BERSAYAP KEPAK. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
|
Text (bab 1)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
Text (bab 3a)
BAB 3A.pdf Restricted to Registered users only Download (737kB) |
|
Text (bab 3b)
BAB 3B.pdf Restricted to Registered users only Download (792kB) |
|
Text (bab 3c)
BAB 3C.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) |
|
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
Abstract | Intisari
Unmanned Aerial Vehicle (UAV) merupakan pesawat tanpa awak yang tidak terdapat pilot didalamnya akan tetapi dapat dikendalikan dengan menggunakan remote control atau juga dapat diterbangkan secara autonomous. Flapping-wing merupakan salah satu UAV yang mana menggunakan mekanisme kepakkan sayap sebagai sebagai metode pembangkitan gaya sehingga dapat terbang dan dapat dikendalikan. Pembangkitan gaya pada sistem flapping-wing dapat diketahui dengan melihat fenomena aliran yang terjadi pada saat sayap mengepak dan menggunakan sensor load cell sebagai alat pengukur gaya. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah sistem flapping-wing meniru capung (Orthetrum Sabina). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena aliran yang terjadi pada sistem flapping-wing dan gaya yang dihasilkan dari sistem flapping-wing pada saat sayap mengepak. Metode yang digunakan untuk mengetahui visualisasi aliran yang terjadi pada sistem flapping-wing menggunakan metode laser sheet, sedangkan metode pengukuran gaya dilakukan dengan menggunakan sensor load cell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat sistem flapping-wing mengepak, fenomena leading edge vortex (LEV) terlihat ketika sayap mengepak keatas (upstroke) dan terjadi separasi LEV ketika sayap mengepak ke bawah (downstroke). Hasil rata-rata pengukuran gaya yang didapatkan pada saat mengepak dengan frekuensi 20 Hz adalah 0,326 gf. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah metode visualisasi aliran menggunakan laser sheet dapat menampilkan fenomena aliran pada sistem flapping-wing walaupun belum dapat menampilkan perkembangan vortex sampai ke bagian belakang prototipe, sedangkan alat pengukuran gaya dengan sensor load cell dapat bekerja dengan baik dengan nilai rata-rata error 0,22%.
Tipe Koleksi: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | UAV (Unmanned Aerial Vehicle) > Wing | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Program Studi: | S1 Teknik Dirgantara | ||||||||||||
Diposting Oleh: | Admin Perpustakaan | ||||||||||||
Tanggal Diposting: | 09 Mar 2021 02:11 | ||||||||||||
Terakhir diubah: | 13 Nov 2023 06:54 | ||||||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/946 |
Actions (login required)
View Item |