ANALISIS KINERJA PELAYANAN PETUGAS MAKE UP AREA PT.JASA ANGKASA SEMESTA TERHADAP PENANGANAN BAGASI BREAK DOWN DI BANDAR UDARA ADISUCIPTO YOGYAKARTA

Okta Saputra, Firman Dwi (2020) ANALISIS KINERJA PELAYANAN PETUGAS MAKE UP AREA PT.JASA ANGKASA SEMESTA TERHADAP PENANGANAN BAGASI BREAK DOWN DI BANDAR UDARA ADISUCIPTO YOGYAKARTA. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
INTISARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
Official URL: https://digilib.sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Salah satu nilai jual dunia penerbangan adalah menciptakan kepuasan konsumen, oleh karena itu maskapai penerbangan berusaha untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang atau pengguna jasa ini. Pelayanan yang dimaksudkan dalam hal ini adalah pelayanan keseluruhan dari penerbangan tersebut, mulai dari (free flight) sampai dengan in flight. Selain peminat jasa transportasi ini akan semakin bertambah, hal tersebut juga sangat berengaruh dengan jumlah bagasi atau barang bawaan penumpang tersebut. Bagasi-bagasi yang dibawa penumpang pun tidak luput dari berbagai masalah, seperti penyimpangan bagasi, kerusakan bagasi, dan bagasi tertukar. Kasus-kasus tersebut sangat mempengaruhi citra airline, harapannya petugas yang berada di make up area tidak pernah lalai dalam melakukan tugas dan selalu bertindak cepat dalam proses penanganan bagasi agar tercipta keamanan dan keselamatan bagai penumpang yang menggunakan jasa PT. Jasa Angkasa Semesta di Bandara Adisucjipto Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data primer dilakukan dengan pengumpulan data observasi dan wawancara sedangkan data sekunder dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan studi pustaka.untuk teknik analisi data peneliti menggunkan tiga analisis yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja petugas loading master dan porter yang berada di make up area sudah menjalankan tugasnya sesuai dengan standar operasional yang telah ditetapkan oleh IATA, akan tetapi peneliti menemukan masalah yaitu keterbatasan fasilitas di make up area, kurangnya alat conveyor dan tempat yang digunakan untuk proses penangan bagasi sangat terbatas, sehingga dapat menghambat proses penanganan bagasi di make up area seperti kerusakan bagasi, penumpukan bagasi, bagasi tersangkut, bagasi tertukar atau salah rute. Untuk itu pihak pengelola bandara dapat meningkatkan fasilitas yang ada dimake up area diantaranya penambahan alat conveyor setiap rute penerbangan menurut scadule dan memperluas make up area agar dapat terciptanya kepuasan tergadap para penumpang yang menggunakan jasa PT. Jasa Angkasa Semesta di Bandara Adisucjipto Yogyakarta.

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Airport Service > Baggage Handling (Penanganan Bagasi)
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDUlfa, Rosiana0527058703UNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 09 Mar 2021 02:29
Terakhir diubah: 09 Mar 2021 02:29
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/951

Actions (login required)

View Item View Item