ANALISIS RELIABILITY PART NUMBER 541674-4 RAM AIR ACTUATOR PADA PESAWAT BOEING 737 NEXT GENERATION (NG) MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) PT GMF AEROASIA TBK

HADI, MIRHAN (2020) ANALISIS RELIABILITY PART NUMBER 541674-4 RAM AIR ACTUATOR PADA PESAWAT BOEING 737 NEXT GENERATION (NG) MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) PT GMF AEROASIA TBK. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (bab 2a)
BAB 2A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text (bab 2b)
BAB 2B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text (bab 2c)
BAB 2C.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text (bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)

Abstract | Intisari

Pesawat dinyatakan sebagai transportasi yang paling aman dikarenakan dalam melakukan perawatan sangat intensif sehingga dapat menjamin keselamatan kepada penumpang pesawat. Kegiatan perawatan pada pesawat sangatlah penting dimana setiap mendarat pesawat akan selalu diperiksa komponen-komponennya. Apabila terjadi kesalahan pada perawatan pesawat maka akan mengakibatkan kejadian yang fatal. Metode yang digunakan untuk meningkatkan ketahanan dari suatu komponen pesawat terbang, salah satu metode yaitu Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Dalam penelitian ini dibahas mengenai metode FMEA yang dimaksudkan untuk mengetahui batas ketahanan dari komponen atau sistem maupun peralatan yang digunakan dalam melakukan perawatan, dan mengidentifikasi mode kegagalan (failure mode). Cara mengidentifikasi kegagalan yang terjadi pada system kerja komponen ram air actuator pesawat boeing 737 NG. Batas life time critical dan effective schedule maintenance komponen ram air actuator pesawat Boeing 737 NG. Hasil penelitian ini dilakukan menggunakan dua proses pengolahan data yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Dalam analisis kualitatif data yang diperlukan berupa data kerusakan dari bulan Januari tahun 2017 sampai dengan bulan Maret 2020 (removal data monhtly) komponen ram air actuator, Reason of Removal (RoR) ram air actuator, Shop Finding ram air actuator, dan Breakdown Part Number (BDP) ram air actuator PN 541674-4, Sehingga RPN komponen ram air actuator dapat diketahui menggunakan metode FMEA. Analisis kuantitatif mengunakan metode distribusi weibull dan memerlukan data historical removal Time Since Install (TSI) ram air actuator dari tahun 2017 sampai 2020.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aircraft Components > Landing Gear (Roda Pesawat) > Main Actuator
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDSetiawan, ferry1105201516UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDsofyan, edi0511126701UNSPECIFIED
Program Studi: S1 Teknik Dirgantara
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 09 Mar 2021 02:26
Terakhir diubah: 14 Nov 2023 06:33
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item View Item