ANALISIS PENGARUH SUDUT WASHIN WING TWIST TERHADAP PERFORMA AERODINAMIKA NACA 2415 MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMENTAL WIND TUNNEL

FITRI KAMAL, MUHAMMAD YUAN (2020) ANALISIS PENGARUH SUDUT WASHIN WING TWIST TERHADAP PERFORMA AERODINAMIKA NACA 2415 MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMENTAL WIND TUNNEL. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (bab 2a)
BAB 2A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB)
[img] Text (bab 2b)
BAB 2B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text (bab 3a)
BAB 3A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text (bab 3b)
BAB 3B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)

Abstract | Intisari

Sayap merupakan komponen penting untuk menghasilkan gaya angkat pada pesawat terbang. Pada kondisi critical (take off dan landing) membutuhkan gaya angkat besar dan hambatan yang baik, serta distribusi tekanan yang baik diatas maupun dibawah permukaan sayap. Fitur aerodinamis yang memberikan efek mempengaruhi gaya angkat salah satunya wing twist. Dengan diberikanya penambahan sudut washin wing twist bertujuang untuk melihat performa aerodinamika yang terjadi pada sayap. Penelitian ini menggunaka metode eksperimental, dengan menggunakan NACA 2415 untuk mengetahuai koefisen gaya angkat, koefisien gaya hambat, dan pengaruh boundary layer terhadap penambahan sudut washin wing twist. Dengan melakukan pengambilan data menggunakan wind tunnel dengan variasi angle of attack 0°, 5°,10°,12°, dan 14° dengan kecepatan aliran udara 3 m/s, 5 m/s dan 6 m/s dengan penambahan sudut washin pada sayap 4°, 5°, dan 6°. Hasil penelitian dengan penambahan sudut washin wing twist mempengaruhi performa aerodinamika penambahan sudut washin 4° dengan kecepatan angle of attack 12° dan kecepatan 6 m/s menghasilkan aliran udara merata di sepanjang paermukaan sayap dan pada angle of attack tinggi masih mampu menghasilkan gaya angkat dan menunda terjadinya stall.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aircraft Method > Aerodinamika
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDSUSANTO, HERU0505028301UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDbukhori, m. luqman0504079201UNSPECIFIED
Program Studi: S1 Teknik Dirgantara
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 09 Mar 2021 07:45
Terakhir diubah: 14 Nov 2023 02:55
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item View Item