BIMANTARA, NICOLAS ZANDER (2020) ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN VORTEX GENERATOR TERHADAP KARAKTERISTIK AERODINAMIKA NACA 4412. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
![]() |
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
![]() |
Text (bab 1)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
![]() |
Text (bab 2a)
BAB 2A.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) |
![]() |
Text (bab 2b)
BAB 2B.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) |
![]() |
Text (bab 3a)
BAB 3A.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) |
![]() |
Text (bab 3b)
BAB 3B.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) |
![]() |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
Abstract | Intisari
Pesawat terbang merupakan alat transportasi udara paling cepat dan aman. Tetapi pesawat terbang memiliki potensi tingkat resiko yang sangat tinggi, sehingga kelalaian sekecil apapun dapat mendatangkan potensi bahaya terhadap pesawat dan penumpang. Sayap pesawat terbang merupakan bagian utama pesawat terbang yang berfungsi sebagai penghasil gaya angkat. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh variasi geometri vortex generator terhadap karakteristik koefisien gaya angkat dan koefisien gaya hambat aerodinamika NACA 4412 dan mengetahui pengaruh variasi geometri vortex generator terhadap karakteristik boundary layer. Penelitian ini dilakukan pada percobaan 3 sayap airfoil NACA 4412 dan 2 jenis vortex generator yaitu delta winglet dan rectangular winglet. Pada sayap 1 tanpa vortex generator, sayap 2 menggunakan vortex generator delta winglet, dan sayap 3 menggunakan vortex generator rectangular winglet. Pengambilan data menggunakan wind tunnel dengan variasi angle of attack 0°, 5°, 10°, dan 12° pada kecepatan aliran udara 3 m/s, 5 m/s, dan 6 m/s untuk mengetahui koefisien gaya angkat, koefisien gaya hambat dan pengaruh boundary layer terhadap penambahan vortex generator. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah penambahan vortex generator dapat meningkatkan karakteristik aerodinamika pada NACA 4412 yaitu: coefficient lift, coefficient drag, dan boundary layer. Pada sayap 2 geometri vortex generator delta winglet terjadi peningkatan nilai coefficient lift sebesar 46,2%, nilai coefficient drag sebesar 38,9%, ketebalan boundary layer sebesar 4,6%, nilai jarak boundary layer sebesar 0,190, dan nilai coefficient friction sebesar 4,6%. Jadi dengan penambahan vortex generator mempengaruhi performa aerodinamika pada vortex generator delta winglet dengan sudut angle of attack 12° dan kecepatan 6 m/s menghasilkan aliran udara merata di sepanjang permukaan sayap pada angle of attack tinggi masih mampu menghasilkan gaya angkat dan menunda terjadinya stall.
Tipe Koleksi: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjek: | Aircraft Components > Engine/ Powerplan (Mesin Pesawat) > Vortex Generator | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Program Studi: | S1 Teknik Dirgantara | ||||||||||||
Diposting Oleh: | Elang Panca | ||||||||||||
Tanggal Diposting: | 10 Mar 2021 02:02 | ||||||||||||
Terakhir diubah: | 14 Nov 2023 01:45 | ||||||||||||
URI: | https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/976 |
silahkan login terlebih dahulu untuk melihat text diatas, jika belum mempunyai akun anda dapat mendaftar akun digilib silahkan Klik disini
![]() |
View Item |