ANALISIS PERFORMA AERODINAMIKA SUDUT WASHIN PADA NACA 2415 GEOMETRI TWIST WING DENGAN PENAMBAHAN HIGH LIFT DEVICE

MAULANA, RIFAN (2020) ANALISIS PERFORMA AERODINAMIKA SUDUT WASHIN PADA NACA 2415 GEOMETRI TWIST WING DENGAN PENAMBAHAN HIGH LIFT DEVICE. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text (bab 2a)
BAB 2A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text (bab 2b)
BAB 2B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text (bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract | Intisari

Pada pesawat terbang terdapat aliran aerodinamik, dimana aliran tersebut berupa udara yang melewati sayap pesawat. Proses aliran aerodinamik sangatlah penting bagi berlangsungnya performa suatu pesawat, sehingga pesawat dapat bergerak dengan stabil. Untuk meghasilkan aliran aerodinamik pada pesawat di pasang sayap (wing) untuk menghasilkan gaya angkat pada pesawat. Untuk menambah gaya angkat pada sayap (wing) ditambahkan fitur berupa flap yang dipasang pada bagian trailing edge pada sayap. Flap sendiri dapat digunakan pada saat pesawat dalam kondisi critical seperti take off dan landing, tidak hanya menambahkan gaya angkat, flap sendiri dapat membantu proses perlambatan pergerakan pesawat saat landing dengan memperbesar hambatan (drag). Pada penelitian ini sayap di rekayasa dengan penambahan wing twist washin pada variasi sudut flap untuk mengetahui pengaruhnya terhadap performa aerodinamik, Reynolds number dan boundary layer yang terjadi. Sayap di desain menggunakan bahan polyfoam dengan panjang chord 15 cm dan panjang span 25 cm, sayap di pasang servo motor untuk menggerakkan flap. Sudut wing twist washin menggunakan sudut 0° dan 3°, pada variasi sudut flap 0°, 3° dan 7°, dengan kecepatan critical 10 m/s dan variasi angle off attack 0°, 5° 10°, 12°, 14°, 16°, 18°, 20° dan 22°. Proses pengujian dilakukan dengan metode experiment menggunakan windtunnel subsonic. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sayap menggunakan flap tanpa penambahan wing twist washin dapat meningkatkan karakteristik aerodinamika, Reynolds Number dan boundary layer. Sebaliknya dengan penambahan wing twist washin pada sayap variasi flap dapat menurunkan parameter-parameter tersebut pada kondisi critical. Kesimpulannya yaitu sayap variasi flap dengan penambahan wing twist washin tidak sesuai digunakan pada sayap pesawat, tetapi sayap variasi flap tanpa wing twist washin sesuai digunakan pada sayap pesawat.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aircraft Method > Aerodinamika
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDKasmara, Joni1127087301UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMarausna, Gaguk0517038803UNSPECIFIED
Program Studi: S1 Teknik Dirgantara
Diposting Oleh: Elang Panca
Tanggal Diposting: 10 Mar 2021 02:36
Terakhir diubah: 14 Nov 2023 02:54
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/987

Actions (login required)

View Item View Item