ANALISIS PENGARUH SUDUT WASHOUT WING TWIST TERHADAP PERFORMA AERODINAMIKA PADA NACA 2415 MENGGUNAKAN METODE KOMPUTASI CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS)

YUSUF, SANDI MAULANA (2020) ANALISIS PENGARUH SUDUT WASHOUT WING TWIST TERHADAP PERFORMA AERODINAMIKA PADA NACA 2415 MENGGUNAKAN METODE KOMPUTASI CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS). Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text (bab 2a)
BAB 2A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[img] Text (bab 2b)
BAB 2B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text (bab 3a)
BAB 3A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB)
[img] Text (bab 3b)
BAB 3B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)

Abstract | Intisari

Sayap merupakan salah satu komponen utama dari pesawat terbang yang berfungsi untuk menghasilkan gaya angkat. Wing twist merupakan fitur aerodinamis yang ada pada wing dengan tujuan untuk menyesuaikan atau merubah distribusi gaya angkat pada wing, sehingga mengurangi induce drag. Wing twist memiliki dua karakteristik, geometry twist dan aerodynamic twist. Aerodynamic twist merupakan perbedaan airfoil dari sepanjang root sampai tip sedangkan geometry twist merupakan perbedaan antara sudut α (alpha) pada root dan tip dengan jenis airfoil sama. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui performa aerodinamika dan ketebalan boundary layer yang terjadi pada permukaan sayap. Metode yang digunakan untuk mengetahui performa aerodinamika menggunakan computational fluid dynamics, sedangkan metode ketebalan boundary layer dilakukan dengan menggunakan hasil 99% free stream dikali kecepatan aliran udara. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah washout wing twist -5˚ pada NACA 2415. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya angkat menggunakan washout wing twist meningkat dibandingkan tanpa menggunakan washout wing twist dan terjadi separasi di sudut serang yang tinggi serta ketebalan boundary layer semakin meningkat apabila sudut serang tinggi. Hasil terbaik terlihat pada sudut serang 12˚ dengan nilai koefisien lift 0.18113969 dan koefisien drag 0.007042627. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah perubahan washout wing twist dapat menambah gaya angkat sedangkan separasi aliran mulai terjadi pada sudut serang 10˚ – 16˚ dan ketebalan boundary layer pada washout wing twist terlihat baik.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aircraft Method > Aerodinamika
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDSUGIRI, SUGIRI0221047501UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDFajar, Wahyuni0518039002UNSPECIFIED
Program Studi: S1 Teknik Dirgantara
Diposting Oleh: Elang Panca
Tanggal Diposting: 10 Mar 2021 03:34
Terakhir diubah: 14 Nov 2023 02:54
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/995

Actions (login required)

View Item View Item