ANALISIS KINERJA UNIT OFFICER IN CHARGE (OIC) TERHADAP PENGAWASAN OPERASIONAL DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL HUSEIN SASTRANEGARA

SUGIARTO, FATHURROHMAN (2020) ANALISIS KINERJA UNIT OFFICER IN CHARGE (OIC) TERHADAP PENGAWASAN OPERASIONAL DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL HUSEIN SASTRANEGARA. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
Official URL: http://digilib.sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Officer In Charge (OIC) merupakan petugas atau pejabat yang memiliki kewenangan mewakili Executive General Manager (EGM) selaku Counterpart dalam bidangnya dengan pihak-pihak terkait lainnya. Fungsi OIC adalah mengawasi kegiatan pelayanan operasional bandar udara termasuk keluhan pelanggan melalui koordinasi dengan seluruh unit di PT Angkasa Pura II (Persero) dan instansi yang berada di bandar udara guna mendukung kelancaran operasional di seluruh wilayah bandar udara. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui peran dan kinerja OIC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi langsung di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara. . Hasil penelitian ini OIC memiliki kinerja yang baik berdasarkan pengamatan observasi, kesesuaian wawancara, dan juga telah mencapai point indikator yang terdapat didalam KPI Tahun 2017 menunjukan total 92,48 dan kategori nilai 3 yang dapat dikatakan baik. Secara keseluruhan kinerja OIC sudah baik dan perlu ditingkatkan lagi, OIC dapat penulis katakan baik karena dari caranya menangani keluhan pelanggan, OIC berperan sebagai mediator, dalam pengawasan operasional berjalan dengan baik meskipun terkadang Extend Flight mengganggu jam pulang kerja. Pengecekan fasilitas dan pelaporan data kepada Executive General Manager juga dapat disampaikan tepat waktu, dan dalam pengawasan Daerah Keamanan Terbatas OIC telah bertindak tegas dengan memberikan teguran jika orang yang sama mengulangi kesalahannya dengan tidak mengembalikan pas bandar udara sesuai waktu pengembalian maka tidak diperkenankan bekerja atau memasuki DKT. Kata Kunci : Officer In Charge, Key Performance Indicator, Standart Operational Procedure OIC.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Flight and Airport Management > Human Resources
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
UNSPECIFIEDRiananditasari, Nanik0531058202UNSPECIFIED
Program Studi: D4 Manajemen Transportasi Udara
Diposting Oleh: Agus Kurnia
Tanggal Diposting: 10 Mar 2021 03:44
Terakhir diubah: 24 Jan 2022 01:45
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item View Item