PENGARUH KETERLAMBATAN AKIBAT FAKTOR WEATHER TERHADAP TOTAL FLIGHT DEPARTURE MASKAPAI GARUDA INDONESIA DI BANDARA INTERNASIONAL ADI SOEMARMO SOLO TAHUN 2014

Mutiara Anggraeni, Rita (2015) PENGARUH KETERLAMBATAN AKIBAT FAKTOR WEATHER TERHADAP TOTAL FLIGHT DEPARTURE MASKAPAI GARUDA INDONESIA DI BANDARA INTERNASIONAL ADI SOEMARMO SOLO TAHUN 2014. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
Official URL: http://digilib.sttkd.ac.id/

Abstract | Intisari

Keterlambatan karena alasan cuaca merupakan salah satu faktor yang terjadi pada suatu perusahan penerbangan sehingga akan berdampak langsung terhadap total flight departure dan citra airlines itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh keterlambatan (delay) akibat weather terhadap total flight departure pada Maskapai Garuda Indonesia di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo tahun 2014. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder, diambil dari laporan bulanan Maskapai Garuda Indonesia. Data dikumpulkan setiap harinya dan dikelompokkan menjadi data perbulan dari setiap penerbangan pada Maskapai Garuda Indonesia tahun 2014. Penelitian ini menggunakan analisa regresi linier sederhana. Hasil uji hipotesis yang dilakukan menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, dengan nilai signifikansi (P) lebih kecil dari α = 0,05 (0,035 < 0,05), yang berarti ada pengaruh signifikan antara variabel weather terhadap total flight departure pada maskapai Garuda Indonesia. Dari hasil penelitian dapat diketahui juga bahwa besarnya pengaruh total flight departure dapat dijelaskan oleh variabel weather sebesar 37,2% dan sisanya 62,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Seperti, faktor teknis operasional yaitu terjadinya antrian pesawat yang hendak lepas landas maupun mendarat, atau alokasi waktu keberangkatan atau slot time di bandara dan faktor non teknis operasional yaitu menunggu penumpang, baik yang baru melapor atau check in, pindah atau transfer, atau yang akan mengikuti penerbangan lanjutan atau connecting flight. Kata Kunci : Pengaruh, Keterlambatan, Weather, Total Flight Departure, Uji Regresi Linier Sederhana

Tipe Koleksi: Thesis (Tugas Akhir)
Subjek: Aviation Service > Delay
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorMakkie Perdana Kusuma, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Program Studi: D3 Manajemen Transportasi
Diposting Oleh: Admin Perpustakaan
Tanggal Diposting: 15 Jun 2021 02:00
Terakhir diubah: 18 Jan 2022 03:02
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1646

Actions (login required)

View Item View Item