PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MASKAPAI LION AIR DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR

DEWI RAMADHANI, SUKMA (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MASKAPAI LION AIR DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR. Skripsi thesis, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

[img] Text (INTISARI)
ABSTRAK SKRIPSI - SUKMA DEWI RAMADHANI_1.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I SKRIPSI - SUKMA DEWI RAMADHANI_2.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II SKRIPSI - SUKMA DEWI RAMADHANI_3.pdf

Download (989kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III SKRIPSI - SUKMA DEWI RAMADHANI_4.pdf

Download (245kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI - SUKMA DEWI RAMADHANI_5.pdf

Download (130kB)
Official URL: https://sttkd.ac.id

Abstract | Intisari

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MASKAPAI LION AIR DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR Pembimbing: Kifni Yudianto,S.E,M.M. Penulis: Sukma Dewi Ramadhani INTISARI Kualitas pelayanan adalah suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan, yang memenuhi atau melebihi harapan (Tjiptono,2006). Harga adalah satu-satunya elemen yang menghasilkan pendapatan. Harga merupakan salah satu elemen yang fleksibel, karenanya harga dapat berubah sewaktu-waktu. Alasan yang mendasari pemilihan objek penilitian ini adalah makapai Lion Air merupakan salah satu maskapai yang menawarkan jasa pelayanan yang kurang berkualitas dan mengutamakan biaya penambahan pada bagasi berbayar dan strategi promosi dengan harga tiket yang bersaing. Harga yang di tawarkan makapai Lion Air belum memenuhi kepuasan ketika melakukan penerbangan bersama makapai Lion Air. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas pelayanan dan harga terdapat kepuasan pelanggan secara simultan di maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Desain Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data mengunakan Kuesioner dan dokumntasi, sehingga teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Random sampling dengan responden sebanyak 50 responden Pengelolahan data menggunakan analisis regresi linear sederhana melalui SPSS V.15.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ho Ditolak dan Ha diterima dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanudin Makasar. hasil uji T menunjukkan bahwa antara variable kualitas pelayanan dan harga memiliki nilai signifikan variabel kualitas pelayanan (X1) sebesar 0,029 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05. Hasil di atas dapat disimpulkan hasil uji F di atas menunjukkan bahwa nilai signifikan sebesar 0,007 lebih kecil dari 0,05. Hasil dari koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,235 yang didapat dari penjumahan antara R = 0,485 + 0,485 = 0,235. Yang memiliki arti bahwa terdapat pengaruh variabel kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan sebesar 23.5 %. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan.

Tipe Koleksi: Thesis (Skripsi)
Subjek: Aviation Service > Passenger Services
Contributors:
ContributionPembimbingNIDNEmail
ContributorYudianto, Kifni0516118401UNSPECIFIED
Program Studi: D4 Manajemen Transportasi Udara
Diposting Oleh: Salma Salma
Tanggal Diposting: 19 Oct 2021 01:58
Terakhir diubah: 18 Jan 2022 02:20
URI: https://digilib.sttkd.ac.id/id/eprint/1747

Actions (login required)

View Item View Item